Dalam Konferensi Pers/Press Conference/Seminar Media dari SILC LASIK CENTER Jakarta, yang di selenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April 2018, dan dalam kesempatan itu dalam seminar media, disampaikan banyak hal mengenai kesehatan mata dan terutama mengenai LASIK. Berikut salah satu ulasan dari wartawan femme.id  sebagaimana diposting dalam : http://femme.id/index.php/2018/04/30/ini-bahaya-menggosok-mata-dengan-tangan/

Femme.id, Jakarta – Bila mata terasa gatal mengucek atau menggosoknya menggunkan jari adalah cara yang sebagian kita lakukan. Tetapi berbahayakah perilaku ini bagi mata?

“Mata jangan diucek dengan tangan,” ujar spesialis mata dari SILC Lasik Center, dr. Sophia Pudjiastuti, SpM(K) di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Mengucek mata apalagi terlalu keras bisa memberi tekanan pada mata dan ini bisa membahayakan kornea mata. Biasanya kornea bisa melemah dan terdorong ke depan. Bentuknya pun bisa berubah menjadi runcing.

Selain itu, mengucek mata juga bisa menyebabkan mata menjadi kemerahan,hingga transmisi bakteri dan kuman di tangan ke mata sehingga memicu infeksi.

Lalu apa yang harus dilakukan kala mata terasa gatal?

“Kedip-kedipkan mata beberapa saat atau coba teteskan obat tetes mata, bisa jadi mata kering,” kata Sophia.

Namun, bila rasa gatal tak kunjung reda, dia menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter, karena ini bisa saja alergi terhadao suatu zat dan berbagai kemungkinan lainnya.

“Kalau alergi nanti bisa diberi obat alergi oleh dokter lalu dicari tahu penyebabnya. Mata itu harus dilihat,” saran Sophia.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
YouTube
Share
Instagram
Telegram

TUNGGU!,

Apakah sudah melihat video ini?