Dalam Konferensi Pers/Press Conference/Seminar Media dari SILC LASIK CENTER Jakarta, yang di selenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April 2018, dan dalam kesempatan itu dalam seminar media, disampaikan banyak hal mengenai kesehatan mata dan terutama mengenai LASIK. Berikut salah satu ulasan dari wartawan  merdeka.com  sebagaimana diposting dalam : https://www.merdeka.com/sehat/mata-gatal-jangan-kucek-pakai-tangan.html

Merdeka.com – Bagi beberapa orang, mengucek mata yang gatal menjadi kebiasaan. Sebab, gatal di mata memang langsung hilang.

Namun, kebiasaan itu sangat merugikan. Dokter Spesialis Mata Konsultan dari SILC Lasik Center, Sophia Pujiastuti mengakui, rasa gatal di mata memang langsung berkurang sesudah menguceknya. Akan tetapi cara seperti ini tidak dianjurkan sama sekali.

Mata ibarat kulit. Ketika kulit kering lalu kita menggosok atau menggaruknya, yang terjadi malah iritasi.

“Kita refleks menggaruk atau mengucek mata karena (sebenarnya) mata dalam keadaan kering. Jangan dikucek, nanti mudah iritasi,” kata Sophia.

Sebenarnya, cara paling dianjurkan adalah menggunakan obat tetes mata. Hanya saja, kita harus mengetahui dulu penyebab mata terasa kering dan gatal, sehingga tidak salah menggunakan obat tetes mata.

Menurut Sophia, tak jarang mata kering dan terasa gatal karena adanya alergi. Perawatannya jelas berbeda dengan kondisi yang biasa.

“Saya sarankan konsultasikan dulu sama dokter sebelum memakai obat apapun. Kalau misalnya karena alergi, perawatannya tentu saja pemberian obat antialergi,” ujar dia.

Dengan mengecek ke dokter kita jadi tahu obat mata apa yang harus digunakan.