Dalam Konferensi Pers/Press Conference/Seminar Media dari SILC LASIK CENTER Jakarta, yang di selenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April 2018, dan dalam kesempatan itu dalam seminar media, disampaikan banyak hal mengenai kesehatan mata dan terutama mengenai LASIK. Berikut salah satu ulasan dari wartawan portalmadura.com  sebagaimana diposting dalam : https://portalmadura.com/stop-kucek-mata-karena-gatal-ini-bahayanya-138777

PortalMadura.Com – Mengucek mata karena gatal tentu pernah dialami oleh setiap orang. Kebiasaan ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat debu di jalanan.

Padahal, saat mata mengalami gatal disarankan untuk tidak menguceknya karena bisa berbahaya. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Dokter Spesialis Mata Konsultan dari SILC Lasik Center, Sophia Pujiastuti, menyebutkan bahwa kebiasaan mengucek atau menggosok mata yang gatal bisa sangat berbahaya.

Mengucek mata saat mata gatal memang bisa membuat rasa gatal yang ada berkurang. Tapi, mengucek mata ini sama sekali tidak dianjurkan. Ketika mata yang gatal dikucek, ini sangat mungkin menyebabkan mata iritasi.

“Kita refleks menggaruk atau mengucek mata saat gatal karena mata kering. Usahakan jangan dikucek, ini bisa menyebabkan iritasi” ujar Sophia.

Lantas, agar mata gatal teratasi dengan baik tanpa dikucek, apa yang harus dilakukan?. Cara paling ampuh mengatasi mata gatal ini adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Kendati demikian, Anda tetap harus mencari tahu apa penyebab mata gatal itu sehingga Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang tepat.

“Ketika mata gatal, ini memiliki kondisi dan penyebab yang berbeda antara satu dan lainnya. Disarankan agar konsultasikan dulu kondisi ini sebelum memutuskan menggunakan obat apapun. Dengan konsultasi, dokter bisa memberikan obat mata paling tepat,” lanjut Sophia.

Jadi, usahakan agar tidak mengucek mata saat mata gatal ya, guys. Mengucek mata justru bisa menyebabkan alergi apalagi jika tangan dan jari Anda sedang kotor. Semoga informasi ini bermanfaat.