Dalam Konferensi Pers/Press Conference/Seminar Media dari SILC LASIK CENTER Jakarta, yang di selenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April 2018, dan dalam kesempatan itu dalam seminar media, disampaikan banyak hal mengenai kesehatan mata dan terutama mengenai LASIK. Berikut salah satu ulasan dari wartawan OKEZONE.COM sebagaimana diposting dalam : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/30/481/1892935/berencana-lasik-mata-perhatikan-dulu-10-hal-ini

TIDAK bisa dipungkiri masalah mata menjadi persoalan kesehatan yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Bahkan, semakin banyaknya pengguna gadget membuat anak-anak sekarang pun sudah ada yang mengenakan kacamata. Ya, beberapa dari mereka juga mengalami masalah mata karena keturunan.

Namun, fakta ini tentunya membuka mata kita bersama bahwa kebiasaan buruk seperti melihat gadget terlalu lama, membaca buku dalam ruang gelap dan dalam jarak yang dekat, atau kurangnya konsumsi vitamin A yang kurang membuat masalah mata menjadi mudah sekali muncul.

Salah satu treatment yang kemudian dilakukan adalah menggunakan kacamata. Tapi, beberapa dari Anda mungkin merasa dengan penggunaan kacamata penampilan menjadi kurang menarik. Alhasil, banyak dari Anda yang menggunakan softlens sebagai jalan alternatifnya. Lagi-lagi, cara ini pun ternyata tidak cukup baik juga. Perawatan yang cenderung ribet menjadi alasan kenapa banyak orang juga ogah menggunakan kontak lensa. Selain iritasi dan mudahnya sakit mata karena pemakaian yang tidak higienis.

Nah, tatalaksana dari masalah mata yang sekarang cukup berkembang adalah lasik. Treatment ini membuat cekungan retina pasien dapat terkoreksi kembali, sehingga pandangan menjadi lebih jelas. Tapi, apa saja sih hal yang mesti diperhatikan sebelum melakukan lasik?

Diungkapkan Dokter Spesialis Mata Konsultan SILC Lasik Center dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K), ada beberapa hal yang mesti diperiksa sebelum lasik dilakukan:

1. Tidak ada katarak di bola mata

2. Pasien glukoma tidak diizinkan melakukan lasik mata

3. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka dianjurkan untuk menurunkan kadar darah terlebih dulu sampai normal

4. Penderita diabetes pun harus dinyatakan normal dulu tekanan darahnya. Jika sudah punya komplikasi diabetes, disarankan untuk tidak menggunakan treatment lasik

5. Bagi Anda pengguna softlens, sebaiknya tidak mempergunakan kontak lensa dulu selama sebulan sebelum akhirnya melakukan lasik

6. Pasien juga tidak disarankan untuk menggunakan make-up wajah penuh karena akan mengganggu tata laksana.

7. Pasien juga tidak diperbolehkan menggunakan maskara. Jika tetap menggunakan, maka pasien diminta untuk membersihkan dulu supaya pelaksanaan lasik tidak terganggu.

8. Pasien diminta untuk istirahat yang cukup dan dengan kondisi tubuh dan mata yang sehat

9. Pasien juga akan melakukan tes ketajaman mata, pemeriksaan bola mata, tekanan pada bola mata, topografi mata sempurna, pemeriksaan ketebalan kornea, pemeriksaan pupil mata, dan pasien juga harus melakukan pemeriksaan air mata.

10. Pastikan tidak sedang sakit mata atau mata merah karena iritasi.

“Hal yang mesti ditegaskan di sini adalah ketika Anda ingin melakukan lasik mata, pastikan seluruh tubuh Anda sehat, khususnya kondisi mata. Sebab, lasik hanya bisa dilakukan pada pasien dengan mata sehat,” tegas dr. Sophia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018).

 

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
YouTube
Share
Instagram
Telegram

TUNGGU!,

Apakah sudah melihat video ini?