Dalam Konferensi Pers/Press Conference/Seminar Media dari SILC LASIK CENTER Jakarta, yang di selenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April 2018, dan dalam kesempatan itu dalam seminar media, disampaikan banyak hal mengenai kesehatan mata dan terutama mengenai LASIK. Berikut salah satu ulasan dari wartawan MERAHPUTIH.COM  sebagaimana diposting dalam : https://merahputih.com/post/read/cukup-20-menit-untuk-menjaga-kesehatan-mata

KESADARAN terhadap kesehatan mata semakin tinggi. Bukan cuma di kalangan anak muda, tetapi juga dewasa. Hal tersebut diungkap dr Zoraya Ariefia Feranthy, SpM.

“Kalau sekarang orang 87 tahun itu operasi katarak,” papar dr Zoraya.

Katarak adalah kondisi lensa mata yang keruh atau berkabut. Operasi bisa menjadi solusi terbaik ketika kondisi katarak mengganggu fungsi penglihatan secara signifikan dan memengaruhi kualitas hidup penderita. Katarak hanya salah satu contoh gangguan kesehatan mata. Masih banyak penyakit mata lain yang bisa dihindari sejak dini.

Sebenarnya tidak sulit menjaga kesehatan mata. Saat membaca, misalnya. Kalau terbiasa membaca dengan jarak kurang dari 30 sentimeter, lensa mata kamu akan menjadi kembung. Kemungkinan paling besarnya kamu akan rabun jauh.

Nah, enggak cuma jarak membaca saja ya. Kamu harus biasakan dengan hukum 20 menit 20 menit. Setelah membaca selama 20 menit, kamu sebaiknya istirahat dulu dengan memandangi pemandangan sejauh lebih dari 6 meter. Banyak yang bilang harus pemandangan hijau.

Namun tidak seperti itu kok. Yang penting penglihatan kamu bisa jauh. Dengan demikian mata kamu akan beristirahat dengan penglihatan fokus tadi. “Kalau masalah warna gak terlalu (berpengaruh) ya,” tambahnya.

Selain itu kamu harus memerhatikan asupan makanan sehat. Banyak makanan yang bisa menyehatkan mata dan menjaganya. Salah satunya adalah wortel. Jangan lupa makan wortel. Kandungan vitamin A-nya sangat tinggi.

Dari kecil kamu pasti tahu vitamin A sangat bagus untuk mata kamu. Orangtua kamu pasti mengajarkan kamu hal ini. Ya, kamu tinggal mengikuti saran dari orangtua ya.”Konsumsi wortel memang bagus karena untuk saraf ke retina,” ujarnya.

Kamu juga tidak dapat sembarangan membersihkan mata. Apalagi jika sering melakukan aktivitas luar ruang. Mata pasti sering terkena debu. Jangan sembarangan kamu bersihkan karena tidak pernah tahu betapa kotornya tangan.

Kuman-kuman bersarang di tangan kamu jika belum mencuci tangan. Sehingga kuman bisa bertumbuh dan berkembang biak di mata kamu. Bisa-bisa penyakit mata serius menyerang mata kamu. Duh enggak mau ya.

Senada dengan dr Zoraya, dr Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM mengatakan kiat menjaga kesehatan mata yang paling penting adalah membatasi penggunaan gawai Terutama kamu yang menggunakan komputer untuk pekerjaan kamu. Lagipula enggak mungkin kamu bisa jauh dari gawai. Siapapun pasti kecanduan dengan gawai yang memiliki multifungsi.

Batasi menggunakan gawai seperti misalnya komputer tidak lebih dari dua jam. Lalu istirahatkan mata kamu seperti cara tadi. “Kalau udah dua jam liat yang jauh dulu,” imbuh dr Sophia.

Soal membaca juga jangan terlalu lama. Namun perlu diingat, intinya membaca harus dengan penerangan cukup. Tidak boleh dalam keadaan gelap ataupun dengan lampu remang-remang. Mata kamu akan sakit dan bisa menyebabkan gangguan mata kelak.

Selain membaca hiburan lain kamu pasti menonton televisi. Ya, kamu harus membatasinya juga. Jangan lebih dari dua jam dan hindari melupakan dengan jarak menonton. Jangan terlalu dekat ataupun jauh. “Sebaiknya nonton TV mengikuti lima kali panjang diagonal TV-nya,” jelasnya.

Terakhir menjaga kesehatan mata juga harus menjauhinya dari polusi. Terlebih paparan sinar ultraviolet. Akan tetapi kalau kamu sering menghadapi keadaan seperti itu jangan khawatir. Dr Sophia menyebut bisa melindungi mata kamu dengan kacamata pelindung.

Bagaimana intinya gampang kan menjaga kesehatan mata? Yang penting kamu jangan malas menjalani hal tadi ya. (Ikh)