Berikut 6 Penyebab Mata Merah yang Umum Terjadi



Pastinya Anda pernah mengalami kejadian mata memerah, jika Anda pernah mengalaminnya mungkin akan terasa tidak nyaman dan juga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, bahkan kondisi tersebut juga akan mengganggu penampilan Anda. Lantas, apa penyebab mata merah?

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau sering disebut pink eye merupakan infeksi mata paling umum dan bisa menular. Kemungkinan Ini terjadi ketika konjungtiva, yaitu membran transparan yang menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mata mengalami infeksi. Ini akan membuat pembuluh darah pada mata teriritasi dan membengkak, sehingga mata terlihat kemerahan.

2. Mata kering

Pada Umumnya mata kering terjadi karena kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata, yaitu dari segi kuantitas dan kualitas, untuk melumasi mata Anda. Akibatnya, Mata Anda menjadi kering dan iritasi sehingga membuat mata memerah.  

3. Alergi

Mata merah umumnya disebut mata alergi. Pada saat sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi terhadap zat asing, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, bahan kimia,  tubuh Anda secara alami melepaskan histamin untuk melawan penyebab alergen. Akibatnya, pembuluh mata membesar sehingga mata akan menjadi merah dan berair.

4. Mata lelah

Mata lelah umumnya terjadi karena terus-menerus berfokus pada layar komputer, gadget, dan televisi. Jadi dianjurkan untuk berpaling dari layar monitor setiap 20 menit sekali dan mengistirahatkan mata Anda 20 detik dengan melihat objek berjarak 20 kaki (6 meter).

5. Cedera di mata

luka pada mata yang disebabkan kecelakaan, terkena benda asing atau zat kimia ataupun baru menjalani operasi,juga bisa jadi penyebab mata merah.

Ini terjadi karena pembuluh darah di mata Anda melebar untuk mengalirkan banyak darah ke lokasi cedera. Sehingga proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Pelebaran atau kerusakan di pembuluh darah mata inilah yang menyebabkan mata Anda jadi nampak kemerahan.

6. Kondisi medis tertentu

Selain penyebab yang sudah disebutkan, mata merah kadang bisa menandakan adanya penyakit mata, seperti uveitis atau glaukoma. Jika mata merah Anda terus berlanjut atau justru semakin memburuk, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk diagnosis dan perawatan atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatannya.