Bila anda harus mendatangi dokter mata, baik untuk perawatan rutin atau ada keluhan lainnya di mata anda, maka harus mengikuti prosedur baru selama masa pandemi COVID-19, salah satunya yaitu mengikuti panduan tentang higienis dan desinfektan yang ada di fasilitas kesehatan yang anda datangi.

Prosedur Baru untuk perawatan mata rutin atau perawatan mata dengan keluhan mata lainnya (urgent case), salah satunya adalah pasien datang sesuai dengan waktu perjanjian, sehingga akan mengurangi kontak antara pasien dengan pasien lainnya. Bahkan konsultasi lewat media telemedicine pun dapat dilakukan.

Prosedur-prosedur baru yang akan dilakukan oleh klinik sebagai berikut:

  • Bila kontrol rutin, sebaiknya anda datang sendiri tanpa ada yang menemani masuk ke dalam klinik. Kalaupun harus ditemani, akan diminta untuk ditemani oleh satu orang pengantar. Bahkan kalau pengantar lebih dari 1 orang, maka pengantar lainnya akan diminta untuk menunggu di luar klinik atau di mobil. Hal ini berguna untuk mencegah penularan baik dari pasien ke pasien atau pasien ke petugas di ruang tunggu pasien.
  • Anda dan pengantar akan diwajibkan menggunakan masker, khusus untuk pasien akan diminta untuk menggunakan masker bedah.
  • Petugas klinik akan mengecek suhu anda dan memberikan beberapa pertanyaan terkait pendemi Covid-19 diluar klinik. Bila suhu anda ³ 37,50 C dan dari pertanyaan yang diajukan petugas ternyata anda termasuk kriteria sedang atau tinggi maka anda dilarang untuk memasuki klinik, dan dianjurkan untuk segera ke rumah sakit rujukan covid, tetapi bila suhu < 37,50 C dan termasuk resiko ringan maka anda diizinkan masuk ke dalam klinik untuk melanjutkan pemeriksaan mata anda.
  • Dokter dan petugas medis lainnya yang memeriksa anda, akan menggunakan masker, baju pelindung bahkan pelindung wajah/mata dan sarung tangan pada saat melakukan pemeriksaan. Anda tidak dianjurkan untuk berbicara saat pemeriksaan mata berlangsung, kecuali anda dan dokter sudah berada pada jarak tertentu, maka anda dapat menceritakan atau bertanya tentang keluhan anda.
  • Bila anda ingin bersin atau batuk, sebaiknya anda mundur dari alat periksa dan menutup daerah sekitar mulut anda dengan lengan anda (etika batuk).

Bagaimana Coronavirus dapat menginfeksi mata anda:

Coronavirus dapat menyebar melalui mata sama seperti melalui mulut dan hidung, dimana saat orang yang terinfeksi virus bicara, bersin atau batuk, sehingga partikel virus yang sangat kecil tersebut akan menyebar secara droplet dan memasuki tubuh anda melalui mata atau mulut dan hidung anda. Bahkan virus juga dapat meyebar ke anda saat anda mengucek mata anda dengan tangan yang sebelumnya sudah terpapar dengan virus.

Kelainan di mata karena infeksi Covid-19 adalah konjungtivitis, walaupun hal ini sangat jarang terjadi, dimana mata anda tampak kemerahan. Bila hal ini terjadi, jangan panik, anda dapat menghubungi dokter mata anda, dan jangan mengucek mata anda serta jangan sampai cairan dari mata anda yang kemerahan tersebut, mengenai orang lain. Sebaiknya anda tidak memakai handuk, sarung bantal dan sarung guling berbarengan dengan anggota keluarga yang lain, serta sering-sering mencuci tangan anda menggunakan sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Gambar Coronavirus, diambil dari AAO content last reviewed 05/20

Gambar Coronavirus, diambil dari AAO content last reviewed 05/20

Proteksi mata dan kesehatan mata anda dengan cara-cara dibawah ini:

  • Bila anda pengguna lensa kontak sebaiknya sementara mengganti dulu ke penggunaan kaca mata. Hal ini karena pengguna lensa kontak akan lebih sering menyentuh mata dibandingkan orang lain pada umumnya. Jika penggunaan lensa kontak tidak dapat dihindarkan, maka harus benar-benar dijaga kebersihan tangan sesuai dengan anjuran dokter mata anda.
  • Walaupun penggunaan kacamata tidak menjamin 100% tidak akan terkena droplet virus, disebabkan tetap ada ruang kosong dari sisi atas dan bawah kaca mata, sehingga akan langsung mengenai mata anda, maka paling baik tentunya menggunakan safety goggles bila harus berhubungan/berkontak dengan orang yang terinfeksi Covid-19.
  • Siapkan obat-obatan rutin mata anda untuk jangka waktu yang lebih lama, misalnya 1-3 bulan kedepan (sesuai kebutuhan), agar tidak harus terlalu sering datang ke klinik.
  • Selalu ingat untuk menjaga agar tidak mengucek mata anda, bahkan kalau harus menggunakan obat tetes mata, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer selama 20 detik sebelum dan sesudah meneteskan obat tetes mata ke mata anda.

Saran untuk menjaga kesehatan anda: physical distancing, menggunakan masker, penggunaan lensa kontak dengan mengikuti protokol higienis yang sesuai anjuran dokter mata serta mencegah memegang atau mengucek mata, mulut dan hidung anda. (SP)