Seperti halnya tindakan bedah lainnya, Small Incision Lenticule Extraction (SMILE) mempunyai beberapa risiko yang bisa menjadi masalah atau komplikasi untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan menjalani tindakan itu. Risikonya antara lain :

  1. Merasakan Glare/Silau atau halo di sekeliling cahaya dan terutama pada malam hari.
  2. Ada sisa jaringan kornea yang diambil
  3. Peradangan pada daerah yang dilaser
  4. Infeksi
  5. Jika ada perbaikan, maka laser ulang hanya bisa dilakukan dengan metode PRK

Setelah tindakan SMILE, penglihatan pasien juga bisa jadi akan over atau under koreksi, namun hal ini bisa diperbaiki dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak bahkan dengan tindakan laser lagi.

Sebagian besar komplikasi bisa diperbaiki tanpa mengurangi tajam penglihatan. Bagaimanapun, sangat jarang terjadi masalah/komplikasi misalnya :

  • Mempunyai tajam penglihatan yang lebih buruk dari sebelum di SMILE, walaupun dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak (baca : Penglihatan terbaik dengan koreksi menurun)
  • Kebutaan

Jika anda sudah sangat nyaman dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak, maka tidak perlu diputuskan untuk melakukan tindakan bedah refraktif. Anda bersama dokter spesialis mata anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan tindakan SMILE.

Apa Manfaat/Keuntungan dari SMILE?

SMILE sebagai salah satu tindakan bedah refraktif yang terhitung baru, para dokter spesialis mata berharap tindakan ini bisa memberi berbagai manfaat/keuntungan melebihi LASIK dan memberikan hasil tajam penglihatan yang sama dengan hasil tindakan LASIK.

  • Tidak ada flap/lapisan tipis kornea yang dibuat pada SMILE, Sehingga ini tidak akan ada masalah dengan flap sebagaimana yang mungkin bisa terjadi pada LASIK
  • Jaringan kornea yang diambil melalui celah/insisi kecil, sehingga permukaan kornea sangat sedikit terganggu atau termanipulasi, ini yang memungkinkan jangka panjang untuk terjadi mata kering sangat kecil.

Sumber : https://www.aao.org/eye-health/treatments/what-are-risks-of-smile (oleh : David Turbert dan review oleh : James M Huffman, MD)

Dengan demikian, LASIK masih menjadi pilihan mengingat sudah sangat banyak sekali dikerjakan dengan hasil yang sangat memuaskan. LASIK disini bisa FemtoLASIK atau ZLASIK dan juga TransPRK atau Smartsurface.

Dapatkan informasi lengkap untuk layanan lasik dengan klik WA 082210488488 

 

 

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
YouTube
Share
Instagram
Telegram

TUNGGU!,

Apakah sudah melihat video ini?