Butuh waktu berapa lama untuk lasik?

Pertanyaan di atas memang cukup sering muncul dari para calon pasien yang akan menjalani operasi Lasik. Baik dari sisi proses dan tahapan sampai pada operasi lasiknya maupun sampai dengan perlu menyiapkan berapa lama tinggal di kota tempat lasiknya misal Jakarta sementara pasien dari luar kota. Untuk itu dibawah akan coba diuraikan dari berbagai sudut.

Estimasi waktu yang diperlukan dalam proses awal sampai selesai menjalani LASIK adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran pasien, dimana akan dilakukan pengisian data pasien, kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai prosedur lasik secara singkat dan layanan serta tarif yang berlaku di SILC Lasik Center, ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 15 menit
  2. Dilanjutkan pemeriksaan Pra Lasik mulai dari pemeriksaan tekanan bola mata, pemeriksaan visus (tajam penglihatan), pemeriksaan refraksi dan sampai ditemukan nilai ukuran koreksi (kacamatanya). Proses ini butuh waktu sekitar 20  menit
  3. Pemeriksaan dengan mesin Sirius untuk memeriksa kelengkungan kornea, tebal kornea dan lain sebagainya sekitar 15 menit
  4. Dilanjutkan pemeriksaan oleh dokter spesialis mata ahli Lasik sekitar 10 menit ditambah proses funduskopi dimana perlu di tetes untuk melebarkan pupil dan menunggu sekitar 30 menit dilanjut periksa sekitar 10 menit plus konsultasi lagi. Estimasi bisa 40 – 60 menit.

Dari sini terlihat waktu proses pemeriksaan Pra Lasik perlu waktu sekitar 1 jam sampai 1.5 jam. kemudian jika dilanjutkan dengan proses tindakan, dimana diperlukan persiapan administrasi dan persiapan sebelum operasi.

Persiapan sebelum operasi sekitar 20 menit dan proses operasi sekitar 20 menit serta istrirahat pemulihan sekitar 15 menit. Maka total kebutuhan waktu dalam proses LASIK berkisar 1.5 – 2 jam.

Nah, bagaimana dengan pasien yang tinggal di luar kota Jakarta ?
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tinggal di Jakarta jika tidak bolak – balik pulang luar Jakarta.

Jika jarak masih menjadi jangkauan misal Jabodetabek, sampai daerah sekitar maka bisa pulang pergi misal sampai Bandung dan sekitarnya. Namun jika misal Lampung atau Jawa Tengah atau luar pulau maka diperlukan tinggal di Jakarta dengan kegiatan sesuai dengan jenis tindakan yang dijalani sebagai berikut:

  • ZLASIK : Ketika datang dilakukan pemeriksaan pra lasik dan langsung tindakan (jika semua pemeriksaan dinyatakan layak Lasik), maka diperlukan waktu minimal 2 hari di Jakarta. Satu untuk pemeriksaan dan operasi lalu satu hari lagi kontrol post operasi 1 hari pasca Lasik
  • ZLASIK : jika pada saat pemeriksaan pra lasik harus ada evaluasi pupil lebar dengan tetes mata maka tindakan dijadwalkan keesokan harinya, sehingga perlu waktu minimal 3 hari. Satu hari untuk periksa, satu hari besoknya untuk tindakan/operasi dan satu hari lagi untuk kontrol post operasi 1 hari pasca Lasik.
  • Smartsurface : Ketika datang dilakukan pemeriksaan pra lasik dan langsung tindakan (jika semua pemeriksaan dinyatakan layak Lasik), maka diperlukan waktu minimal 1 hari di Jakarta. Satu untuk pemeriksaan dan operasi lalu hari ke-3 atau ke-4 kontrol post operasi harian pasca Lasik. Dilanjutkan kontrol post op mingguan (1 minggu)

Jadi itu kira-kira estimasi waktu yang diperlukan di Jakarta ketika pasien dari luar jakarta (luar pulau Jawa) yang akan menjalani tindakan/operasi Lasik di Jakarta.

Semoga membantu.

Silahkan kontak kami di WA 082210488488 untuk respon lebih cepat.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
YouTube
Share
Instagram
Telegram

TUNGGU!,

Apakah sudah melihat video ini?