Kapan bisa Aktivitas Kembali setelah LASIK?

Salah satu hal penting yang menjadi pertanyaan dari calon pasien adalah kapan bisa aktivitas kembali setelah LASIK?. Hal ini sangat wajar sebagai persiapan atau planing waktu apalagi dalam keadaan bekerja atau kuliah atau banyak kegiatan lainnya. Misal harus berapa lama mengambi cuti jika bekerja dan setelah masuk kerja apakah bisa bekerja seperti biasanya atau ada batasan – batasan tertentu.

Secara umum, seseorang setelah menjalani operasi maka diperlukan istirahat terutama pada bagian yang dioperasi dalam rangka pemulihan dari luka operasinya atau dalam proses recovery. Begitu juga ketika seseorang habis menjalani operasi/tindakan LASIK. Disini akan kami sampaikan hal – hal yang perlu diperhatikan setelah menjalani LASIK sehingga bisa mempertimbangkan aktifitas apa saja yang bisa dilakukan setelah menjalani lasik, tentunya ini tergantung dari jenis tindakan yang dijalani.

Untuk tindakan ZLASIK; maka anda hanya perlu istirahat pada hari setelah tindakan lasik sekitar 6 jam, dimana setelah operasi silahkan anda tidur saja, maka ketika bangun penglihatan akan sudah membaik. Aktifitas seperti membaca, melihat Handphone/gadget/komputer/TV dan lain-lain sudah bisa dilakukan seperti biasanya, hanya lebih baik dibatasi lamanya. Tidak melakukan pekerjaan berat ataupun olah raga berat sampai dilakukan kontrol pada 1 minggu pertama. Lalu untuk olah raga berat dan renang bisa dilakukan 1 bulan pasca tindakan.

Untuk tindakan SMARTSURFACE; maka anda perlu istirahat lebih lama, karena laser mengenai permukaan kornea lebih luas dan perlu penyembuhan epitel secara luas maka perlu waktu lebih lama. Sekitar 3-4 hari pertama kondisi mata akan terasa kurang nyaman, sehingga aktifitas yang membutuhkan konsentrasi akan agak terganggu, namun demikian kegiatan ringan tetap bisa dilakukan. Setelah 1 minggu maka kondisi akan membaik dan sudah bisa beraktiftas seperti biasa, selain olah raga berat dan renang tetap menunggu 1 bulan pasca tindakan.

Jadi intinya setelah tindakan LASIK tidak ada pantangan atau larangan yang sangat keras untuk pekerjaan harian anda. Anda bisa melakukan yang biasa anda kerjakan dalam batasa yang tidak berat saja dan tidak menggunakan mata dalam jarak dan konsentrasi penuh dalam waktu yang lama.

Terima kasih.