Lasik sakit atau tidak?

Jawabannya tidak, karena proses operasi lasik menggunakan anestesi, dimana jenis anestesinya adalah anestesi topikal (tetes mata) serta pasien dalam keadaan sadar. Selama operasi pasien harus mengikuti instruksi dari dokter dan assisten di ruang operasi agar operasi berjalan dengan lancar. Tindakan operasi lasik berlangsung kurang lebih 15-25 menit untuk kedua mata. Pada saat operasi,  pasien tidak merasakan sakit sama sekali tetapi setelah selesai operasi kurang lebih 1 jam ketika efek anestesinya berhenti bekerja, maka mata pasien biasanya terasa perih, berair dan kadang-kadang lebih nyaman bila menutup mata.  Sedangkan untuk penglihatan mata pasien jauh lebih terang dari sebelum lasik. Setelah tindakan, pasien diberikan obat tetes yang dipakai sesuai jamnya dan diberikan obat untuk penahan rasa sakit.

Proses operasi smartsurface yaitu pelaseran di epitel/ permukaan kornea lalu pasien dipasangkan lensa kontak (bandage lens) untuk melindungi kornea yang sudah dilaser. Pada operasi smartsurface berlangsung kurang lebih 15 menit untuk kedua mata dan pasien akan merasa lebih buram 3 hari pertama pasca lasik karena luka operasi sedang menutup. Ketika luka operasi sudah menutup barulah lensa kontak sudah bisa di lepas oleh dokter. Pasien disarankan kontrol post operasi 3 sampai 4 hari pasca operasi untuk melepas lensa kontak. Proses penyembuhan smartsurface 4-5 hari dan stabil pada 1-3 bulan. Pemakaian obat tetes pada tindakan smartsurface berlangsung selama 3 bulan, obat tetes pasca operasi diantaranya antibiotik tetes mata, anti radang tetes mata dan artificial tears.

Proses operasi Zlasik yaitu pembuatan flap pada epitel kornea lalu pelaseran pada stroma untuk menghilangkan kelainan refraksinya. Proses operasi Zlasik berlangsung kurang lebih 25 menit untuk kedua mata. H+1 pasca tindakan Zlasik pasien sudah bisa melihat dengan jelas. Pada operasi Zlasik pasien di sarankan untuk kontrol post operasi 1 hari pasca operasi. Proses penyembuhan operasi 1 hari sampai 1 minggu dan stabil pada 1-3 bulan. Pemakaian obat tetes pada tindakan Zlasik berlangsung selama 3 bulan, obat tetes pasca operasi kurang lebih sama dengan smartsurface. (D)