Apa saja syarat untuk operasi lasik? Pertanyaan di atas memang cukup sering muncul dari para calon pasien yang akan menjalani operasi lasik.

Terdapat beberapa persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi calon kandidat operasi lasik:

  1. Usia minimal 18 tahun karena saat usia 18 tahun kelainan refraksi mata dianggap sudah stabil.
  2. Memiliki kesehatan umum yang baik

Seseorang juga tidak dapat menjalani operasi lasik jika menderita penyakit-penyakit yang membuat tubuh kesulitan dalam proses penyembuhan, seperti penyakit diabetes, AIDS dsb.

  1. Tidak sedang hamil/ menyusui

Kondisi tubuh calon kandidat juga harus dalam keadaan normal. Seseorang yang sedang hamil atau menyusui tidak dapat menjalani operasi lasik. Pasalnya, perubahan hormon dapat mengakibatkan perubahan sementara pada bentuk kornea mata.

  1. Tidak ada penyakit mata

Penderita katarak dan glaukoma umumnya tidak dapat menjalani operasi lasik, demikian pula dengan kelainan mata lainnya seperti retina yang robek, atau bahkan luka yang berada di sekitar mata dan kornea.

  1. Refraksi stabil sekurang-kurangnya 6 bulan sampai 1 tahun terakhir

Jika ukuran kelainan refraksi masih berubah-ubah, operasi lasik tidak dapat dilakukan. Pasalnya, kondisi ini mengurangi tingkat akurasi. Remaja maupun orang dewasa hingga 20 tahun biasanya masih sering berganti-ganti kacamata. Pastikan bahwa ukuran kelainan refraksi masih sama setidaknya selama 6-12 bulan sebelum menjalani operasi lasik.

  1. Myopia dari ukuran -1.00 sampai -13.00
  2. Astigmatisma dari ukuran -1.00 sampai -5.00
  3. Hypermetropia dari ukuran +1.00 sampai +5.00

Demikian beberapa syarat untuk melakukan operasi lasik. Semoga bermanfaat.
Ingin lasik? Ingat SILC LASIK CENTER saja. (A)