Sebelum menjalani tindakan / operasi LASIK akan dilakukan serangkaian pemeriksaan pra Lasik dan dilanjutkan dengan konsultasi yang mendalam dengan dokter ahli Lasik dari SILC Lasik Center. Anamnesa atau menggali berbagai informasi atas riwayat pasien termasuk riwayat kesehatan mata keluarga pasien juga menjadi pertimbangan yang menyeluruh. Riwayat ukuran kacamata atau lensa kontak atau kapan pemeriksaan mata terakhir dan bagaimana kondisi perkembangan ukuran resep kacamata setahun terakhir dan lain sebagainya.

Ini diharapkan agar bisa didapatkan informasi yang utuh dan lengkap serta prediksi kedepannya atas perkembangan kondisi mata pasien. sehingga ketika dokter memberikan kesimpulan bahwa pasien layak lasik dengan kondisi yang real apakah nantinya ukurannya yang saat ini bisa di Lasik dengan habis dan target tajam penglihatan sesuai dengan hasil pemeriksaan dengan kacamatanya atau harus ada sisa dikarenakan berbagai faktor, misal kornea tidak mencukupi atau masuk dalam batas ambang sisa kornea pasca Lasik sudah sangat tipis, atau karena ukuran kacamata yang memang sudah di atas batasan yang bisa di Lasik atau bisa jadi prediksi pasca Lasik kelengkungan kornea sudah pada batas ambang kelengkungan paling flat atau mendatar dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana jika diawal sudah dipastikan semua layak baik dan tidak ada syarat yang di langgar, namun setelah kurun waktu tertentu misal 3 atau 6 bulan pasca Lasik ada muncul ukuran atau misal minus baru, apakah bisa dilakukan Lasik ulang atau Lasik dua kali?

Jawabannya, tergantung..

Bisa ya dan bisa tidak… Ketika kondisi kornea masih cukup dan semua kondisi mata baik dan layak maka Lasik kedua bisa dilakukan dengan teknik membuka flap (bagi tindakan sebelumnya ZLasik) lalu di laser bagian stroma (kornea yang tadinya sudah dibuka flapnya). Dokter ahli Lasik akan melihat semua data yang diperlukan pada kondisi lasik pertama agar hasilnya lebih tepat.

Namun demikian lasik kedua ini sangat jarang sekali, dengan catatan ketika Lasik yang pertama sudah memenuhi kriteria sebagai indikasi yang disarankan dalam menjalankan lasik, misal ukuran sudah stabil dalam satu tahun terakhir. Maka diharapkan tidak akan ada perkembangan ukuran baru karena dianggap sudah stabil..