Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?

Itu salah satu pertanyaan sebagian besar dari masyarakat yang belum tahu mengenai informasi atau jawaban atas pertanyaan itu. Disamping itu banyak sekali pertanyaan senada artinya yang masih perlu dijelaskan diantaranya :

  • Apakah mata minus bisa sembuh tanpa operasi?
  • Cara menyembuhkan mata minus
  • Cara mengurangi mata minus
  • Minus Mata Selalu Bertambah, Bisakah Disembuhkan?
  • Apakah mata minus bisa kembali normal?
  • Benarkah Ada Cara Menyembuhkan Mata Minus Dalam Seminggu?
  • Apakah mata minus bisa sembuh dengan obat?
  • Bagaimana cara mengurangi minus mata?
  • Kapan Mata Minus berhenti bertambah?
  • Apakah melepas kacamata bisa mengurangi minus?
  • Apakah wortel bisa mengobati mata minus?
  • Bagaimana cara mengurangi mata minus secara alami?
  • Bagaimana cara menyembuhkan mata minus dan silinder?
  • Apakah memakai kacamata terus menerus akan menambah minus-nya?
  • Apakah mata minus bisa menyebabkan kebutaan?
  • Benarkah Ada Cara Menyembuhkan Mata Minus?
  • Bisakah Mata Minus Sembuh dengan Makan Wortel?
  • Dan masih banyak lagi pertanyaan senada yang disampaikan oleh masyarakat …

Jawaban paling singkat adalah : InsyaAllah sebagian besar BISA!

Dengan apa?

Sampai saat ini untuk mengurangi atau menghilangkan ukuran minus atau kelainan refraksi myopia (mata minus) adalah dengan tindakan bedah refraktif yaitu LASIK.

Tindakan LASIK adalah tindakan bedah refraktif dengan bantuan laser, yang bertujuan membentuk kelengkungan baru pada kornea, khususnya stroma mata untuk mengkoreksi kelainan refraksi baik itu mata minus (myopia), mata plus jauh (hypermetropia) dan mata silinder (astigmatisma) bahkan kondisi mata mata tua – plus dekat (presbyopia).

Tindakan/operasi LASIK sangat cepat, aman, akurat, presisi dan nyaman serta hasil LASIK bersifat permanen. Dengan teknologi yang semakin canggih waktu yang dibutuhkan proses lasernya hanya hitungan detik saja. Rata- rata untuk pembuatan flap atau lapisan tipis awal sekitar 20 detik dan untuk laser yang menghilangkan ukurannya pada S-6.00 sekitar 25 detik. Dengan waktu yang sangat singkat itu maka pasien akan merasa nyaman dan hampir tidak terasa.

Jenis tindakan LASIK ini ada beberapa macam, hal ini dibedakan dari proses tindakannya dan juga alat atau mesin atau teknologi yang digunakan. Misalkan di SILC Lasik Center ada beberapa jenis tindakan antara lain:

  1. ZLASIK, merupakan proses tindakan bedah refraktif (LASIK) dengan dua langkah cepat. Pertama akan dibuat lapisan tipis (flap) oleh mesin laser femto LDV, setelah lapisan tipis itu dibuka lalu dilanjutkan dengan laser dengan mesin excimer laser Schwind Amaris untuk menghilangkan kelainan refrksinya (minus, plus dan silindernya). Disini tidak ada pisau bedah, semua dilakukan oleh laser, sehingga sering disebut dengan All Laser LASIK atau No Blade Lasik. Penyembuhannya sangat cepat, dalam kurun waktu 4-6 jam maka pasien sudah merasa nyaman dan bahkan begitu bangun dari tempat tidur operasi pasien sudah bisa melihat dengan tajam penglihatan yang akan berangsur – angsur mencapai target yang ditentukan sebelumnya
  2. SMARTSURCAE, merupakan proses tindakan bedah refraktif dengan satu langkah sangat cepat. Disini tidak ada pembentukan lapisan tipis (flap), tidak ada vacum, tidak ada suction, tidak ada pisau bedah, tidak ada sentuhan/manipulasi dokter, tidak sakit dan sangat cepat. Begitu laser ditembakkan dengan kisaran 30 – 40 detik (tergantung ukuran yang dikoreksi) maka pasien diminta hanya fokus fiksasi melihat satu lampu hijau yang ada di hadapannya. Selesai laser dibersihkan, diberi obat dan di tutup sementara dengan lensa kontak untuk 3-4 hari dan nantinya akan dilepas oleh dokter. bangun dari tempat tidur operasi pasien sudah bisa melihat dengan penglihatan yang berangsur-angsur membaik. Perlu waktu minimal 3 hari sampai 1 minggu untuk melihat dengan jelas sesuai target dan akan sempurna dalam kisaran waktu 1-3 bulan.
  3. LASIK XTRA, ini tindakan extra atau tambahan diperuntukan bagi kondisi tertentu misalnya pasien dengan usia masih muda namun kornea kurang tebal dan ukuran refraksinya tinggi. Dengan proses memberikan cairan riboflavin setelah dilakukan laser diharapkan akan membuat jaringan kolagen pada kornea menjadi lebih kuat, sehingga hasil akhir setelah lasik akan lebih stabil dan kornea menjadi lebih kuat.
  4. PRESBYMAX-Hybrid, jenis tindakan ini khusus untuk pasien usia presbyopia yaitu biasanya 40 tahun keatas dimana diperlukan syarat-syarat tertentu agar mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal.

Jadi kesimpulannya bahwa mata minus bisa disembuhkan dengan operasi/tindakan LASIK sesuai dengan hasil pemeriksaan awal. Jika target bisa mencapai normal maka hasil akhir akan mencapai normal pula.

Lakukan pemeriksaan pra Lasik dan konsultasi di SILC Lasik Center, untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. Untuk informasi awal, silahkan  WA di 0822 10 488 488.