Dalam rangkaian prosedur operasi LASIK, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sehingga bisa sampai ke tahap operasi / tindakan LASIK itu sendiri. Hal ini perlu diketahui oleh calon pasien Lasik, sehingga nantinya pasien diharapkan bisa mempersiapkan lebih dini terkait estimasi waktu dan juga perihal cuti jika pasien sedang dalam posisi bekerja, apalagi ada di luar kota Jakarta dan jarak dari rumah ke SILC Lasik Center tidak bisa ditempuh dalam waktu yang singkat.

Untuk itu di bawah ini akan disampaikan gambaran/ilustrasi dari beberapa kondisi pasien dalam tahapan-tahapan ketika sudah mau menjalani prosedur operasi Lasik di SILC Lasik Center, sebagai berikut:

  1. Pasien umumnya bisa mendaftarkan diri untuk pemeriksaan awal atau Pra Lasik melalui WhatsApp atau telelpon atau Email atau isian di web secara online.
  2. Kemudian Customer Service/ Frontdesk / Resepsionis kami akan mendaftarkan di sistem kami dan memfollow up H-1 sebelum jadwalnya.
  3. Pasien datang dengan didampingi maksimal 1 pendamping (untuk mas pandemi Covid-19 ini) setelah melalui skrening protokol kesehatan maka akan mengisi form registrasi secara lengkapnya.
  4. Customer Service akan menjelaskan semua tahapan – tahapan dalam menjalani lasik dan semua aspek lain yang perlu diketahui oleh pasien dalam rangka edukasi Lasik ke pasien. Di sini akan dijelaskan mengenai jenis layanan yang ada di SILC Lasik Center, dokternya, biayanya, proses Lasiknya dan sampai dengan kontrol pasca Lasiknya.
  5. Setelah urusan administrasi selesai maka pasien akan dilakukan pemeriksaan Pra Lasik dengan pengukuran oleh Refraksionis Optisien meliputi pemeriksaan ukuran (kacamata dan matanya), tekanan bola mata, tebal kornea, kelengkungan korena (topography kornea), pupil size dan lain sebagainya yang diperlukan oleh mesin untuk Lasik.
  6. Selanjutnya akan diperiksa kembali kornea dan retina oleh dokter mata ahli Lasik dari SILC Lasik Center dan dari sini dokter akan menentukan apakah pasien layak Lasik atau tidak, apakah perlu evaluasi dengan pengobatan tertentu atau bisa langsung operasi.
  7. Sebagaimana dengan topik judul artikel ini di atas yaitu Kapan Saya Bisa dioperasi ketika Sudah Pemeriksaan Pra LASIK? poin ini menjadi jawabannya.
    1. Bisa LANGSUNG tindakan/operasi Lasik begitu selesai dari pemeriksaan oleh dokter ahli Lasik dari SILC Lasik Center. Sehingga setelah itu pasien akan diberikan dan dijelaskan mengenai informed concern atau penjelasan dan persetujuan operasi Lasik dengan berbagai informasi misalnya kondisi diagnosis mata pasien, lalu jenis tindakannya, cara prosedurnya dan penjelasan terkait apa yang boleh dan tidak dan lain sebagainya.
    2. Bisa dijadwalkan tindakan/operasi Lasiknya, ini terkait banyak faktor. Misalnya yang terkait dengan kondisi mata pasien harus dilakukan perawatan terlebih dahulu karena ada satu dan lain hal, misal ada masalah di kornea, mata merah, perlu ke ahli retina dan lain sebagainya. Nah, dengan kondisi seperti ini maka diperlukan kontrol ulang dan ketika hasil kontrol ulang dinyatakan semua sudah baik maka bisa dilanjutkan untuk operasi hari itu juga atau dijadwalkan sesuai dengan kesepakatan dokter dan pasiennya.
    3. Bisa tidak layak tindakan/operasi Lasik. Hal inipun menjadi suatu kemungkinan. Misalnya kondisi kornea dengan ketebalan yang sangat tipis di bawah batas minimal yang boleh dan bisa di Lasik (dalam hal ini hasil pemeriksaan dan perhitungan akan disampaikan oleh dokter) maka pilihan tindakan Lasik tidak bisa dijalankan dan pasien mungkin akan diberikan opsi lain jika memungkinkan. Hal lain juga kondisi kornea yang bermasalah walaupun tidak terkait tebal kornea, juga misal terkait kondisi retina, maka surat keterangan dari ahli retina diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi mata terutama retinanya aman dan baik untuk tindakan lasik.
  8. Proses tindakan/operasi Lasiknya sendiri
  9. Kontrol ulang pasca Lasik berupa harian, mingguan, bulanan yang sebaiknya bisa diikuti oleh pasien, sehingga kondisi mata pasca operasi Lasik bisa terpantau perkembangannya dengan baik.

Jadi kesimpulannya, ketika pasien sudah menjalani pemeriksaan awal atau pemeriksaan pra Lasik ada beberapa kemungkinan dalam rangkaian proses Lasik, yaitu :

  • Bisa langsung tindakan
  • Bisa dijadwalkan sesuai kesepakatan dokter dan pasien
  • Bisa dijadwalkan jika diperlukan proses evaluasi karena kondisi tertentu mata pasien dan ini ditentukan oleh dokter
  • Bisa tidak layak dan tidak bisa menjalani operasi Lasik

Semoga bermanfaat..

Jika ada pertanyaan terkait informasi ini, silahkan WA langsung ke 0822 10 488 488.