Pentingnya Eye Shield (Dop) Pasca Operasi LASIK

Salah satu alat yang diberikan dari SILC Lasik Center dalam paket obat ke pasien pasca operasi LASIK adalah eye shield atau dop atau pelindung mata. Setiap pasien akan mendapatkan sejumlah sesuai dengan jumlah mata yang dioperasi. Misalkan hanya sebelah maka diberikan 1 buah dan ketika  operasinya kedua mata maka diberikan 2 buah atau sepasang.

Bentuk dari eye shield secara seklias sama, ada bagian untuk dalam atau dekat hidung dan ada bagian luar dekat dengan telinga. Pemasangan yang terbalik mengakibatkan kurang nyaman.

Apa fungsi eye shield ini?

Pasien pasca operasi LASIK, kondisi matanya harus dijaga dengan baik. Gangguan terhadap benturan, trauma mata baik sengaja ataupun tidak harus dihindari. Gerakan tangan tanpa sengaja ke arah mata, mengucek atau menggosok bahkan sampai misal ke pukul harus benar – benar dihindari.

Pencegahan untuk itu tatkala pasien dalam keadaan sadar (tidak tidur) bisa dengan kacamata pelindung, baik yang bening ataupun yang berwarna/gelap untuk kegiatan di luar yang langsung terpapar sinar matahari. Namun jika dalam keadaan tidur tentunya tidak mungkin menggunakan kacamata, karena bisa patah gagang kacamata. Untuk itu disiapkan apa yang disebut eye shield/pelindung mata/dop. Berupa penutup terbuat dari plastik/akrilik bening dengan lubang – lubang kecil dan bentuk tepi lengkung dan salah satunya lebih kecil. Namun ada banyak model yang tersedia di luaran misal menyerupai kacamata dengan pengait tali dan lain sebagainya.

Cara penggunaan :

Eye Shield di pasang di depan mata dengan posisi bagian kecil ada di bagian dekat hidung (menyerrupai model  kacamata) lalu diberikan plester atau micropore atau semacam selotif medis secara menyilang untuk merekatkan dengan kulit wajah. Dipakai sesaat akan tidur. Ini dimaksudkan agar ketika tidur, yang mana pastinya ketika kita tidur itu tidak sadar ingin menggosok mata atau muka maka mata akan aman dikarenakan sudah dilindungi oleh eye shield tadi. Usahakan selotifnya yang cukup kuat agar tidak sampai terlepas hingga bangun tidur nanti.