Sebelum bicara panjang lebar, perlu diketahui atau disamakan persepsi kita bahwa yang dimaksud dengan ZLasik adalah prosedur Lasik dengan dua tahap, tahap pertama pembuatan flap/lapisan tipis pada kornea dengan menggunakan mesin femtosecond laser kemudian dilanjutkan laser untuk koreksinya dengan mesin excimer laser. Sedangkan Lasik biasa yang dimaksud disini adalah prosedur Lasik dengan dua tahap, tahap pertama pembuatan flap/lapisan tipis pada kornea dengan menggunakan mesin mikrokeratome dengan menggunakan pisau bedah/blade kemudian dilanjutkan laser untuk koreksinya dengan mesin excimer laser. Jadi perbedaan signifikannya adalah mesin yang digunakan pada proses pembuatan flap/lapisan tipis korneanya.

Apa yang dirasakan pasien selama proses ZLasik maupun Lasik biasa?
Pada awalnya mata diberikan obat tetes anestesi topikal lalu daerah sekitar kornea dibersihkan maka dimulailah proses operasi. Pasien merasa sadar dan tidak tidur namun sentuhan benda ke mata tidak menjadikan sakit hanya masih terasa saja, lalu ada penyangga pada kelopak mata agar mata tetap terbuka ini yang kadang untuk sebagian apalagi untuk mata pasien dengan bukaan kelopak mata yang kecil agak kurang nyaman. Maka dianjurkan untuk santai/relex dan tidak melakukan perlawanan pada kelopak mata agar jauh lebih nyaman.

Femtolaser LDV

Femtolaser LDV

Pada ZLasik, proses pembuatan flap menggunakan femtosecond laser, dengan alat ditempelkan pada mata dan mata pasien, setelah vacum dari mesin jalan maka penglihatan akan berangsur menjadi agak gelap maka tetap tenang saja itu adalah kondisi normal serta berfiksasi lalu dalam jangka waktu sekitar 20-25 detik selesai. Lapisan flap yang sudah terbentuk itu dibuka dengan alat tertentu dan dilipat ke pinggir. Flap itu tidak putus karena ada engsel atau pegangannya dan setelah itu di laser daerah kornea atau tepatnya stroma yang sudah dibuka tadi. Selesai di laser untuk membentuk kelengkungan korneanya sesuai kebutuhan ukurannya maka flap tadi dikembalikan ke posisi semua. Setelah dirapikan maka flap itu akan menempel dan lekat dengan bagian bawahnya.

Sedangkan Lasik biasa, pada proses pembuatan flap menggunakan mesin mikrokeratome dengan pisau bedah, Dengan alat ditempelkan pada mata dan mata pasien diharapkan bisa tenang serta berfiksasi, setelah diberikan vacum maka penglihatan akan terasa lebih gelap dan itu normal, jadi tidak mengapa dan jangan kaget, tetap tenang saja. Dalam jangka waktu tidak terlalu lama akan selesai dan flap akan dibuka seperti halnya pada proses ZLasik di atas.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah:

  • Pada ZLasik, resiko komplikasi jauh lebih rendah, hasil flap lebih halus dan tebal antara dibagian tengah dan pinggir seragam sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  • Dibanding dengan Lasik biasa, ZLasik lebih aman. Lasik biasa memungkinkan adanya Free flap ataupun button hole pada proses pembuatan flap.
  • Proses pembuatan flap untuk Lasik biasa lebih cepat karena selesai dilakukan pemotongan/pembuatan flap maka flap bisa langsung dibuka dengan alat tertentu.

Proses recovery atau proses penyembuhan dengan ZLasik secara umum lebih cepat dibanding dengan lasik biasa.

Info lebih lanjut, silahkan hubungi WA 0822 10 488 488