Pasca LASIK Mata Terasa Kering, Normalkah?

Pasca LASIK Mata Terasa Kering, Normalkah?

Operasi LASIK akan memberikan hasil yang sangat instan, artinya penglihatan yang membaik tanpa alat bantu akan segera dirasakan beberapa saat selesai operasi. Setelah beberapa jam maka penglihatan akan berangsur-angsur mencapai penglihatan yang optimal sampai menuju target yang diharapkan.

Disisi lain, efek samping dari operasi Lasik juga akan muncul, baik dalam derajat yang ringan sampai berat. Salah satu dari hal yang mungkin terjadi adalah mata terasa kering. Kondisi mata terasa kering setelah operasi Lasik ini lumayan banyak, namun demikian hal ini masih dalam kategori wajar atau normal dan tidak perlu dirisaukan.

Perlu diketahui, bahwa sebenarnya mata kering sendiri  penyebab utamanya bukan karena pasca Lasik, namun bisa jadi  sebelum tindakan Lasik sudah ada keluhan mata kering.

Apakah pasca LASIK akan mengalami mata kering?

Secara umum, belum bisa dipastikan atau tepatnya tidak ada alat untuk memprediksi bahwa pasca Lasik nanti mata akan kering. Namun paling tidak ada hal – hal yang bisa ikut andil seseorang bisa menjadi mata kering, antara lain :

  • Sudah ada mata kering sebelum Lasik
  • Seorang perempuan
  • Penduduk Asia
  • Pemakai lensa kontak
  • Penderita Diabetes
  • Kelainan refraksi myopia yang sangat tinggi

Mengapa LASIK menyebabkan mata kering?

Para peneliti sebenarnya tidak mengetahui persis, mengapa ini bisa terjadi, namun kemungkinan karena operasi lasik yang bisa membuat saraf di kornea menjadi rusak. Selama proses Operasi, kornea diubah bentuk kelengkungannya sesuai dengan target ukurannya dan mengambil jaringan korneanya. Nah, pada tahap ini saraf pada kornea ikut terpotong. Kondisi ini tidak mengganggu untuk penglihatan, namun mengganggu kelenjar air mata. Untungnya hal ini tidak akan berlangsung lama akan normal kembali.

Penyebab lain bisa jadi karena adanya peradangan pasca operasi Lasik. Perubahan kelengkungan kornea yang baru juga membuat interaksi antara kelopak mata dan kornea ada perubahan sehingga efeknya pada pola kedipan dan produksi air matanya terganggu.

Berapa lama akan mengalami mata kering?

Pada kebanyakan pasien, gejala mata kering akan muncul setelah operasi lasik dan akan membaik sekitar 6 – 12 bulan, namun yang lebih cepat dari itu juga ada. Dengan jadwal kontrol yang teratur maka akan bisa dievaluasi dengan seksama sehingga bisa diberikan pengobatan yang tepat dan cepat. Obat tetes air mata buatan umumnya sangat membantu untuk dengan sangat baik.

Ref/source : https://www.webmd.com/eye-health/dry-eye-after-lasik