Hal – hal yang menjadi Pantangan Setelah Operasi LASIK

Sudah barang tentu dimaklumi bersama, ketika selesai operasi ada hal-hal yang sangat perlu diperhatikan terkait dengan dampak dari operasinya dan tentunya juga untuk operasi LASIK. Ada hal-hal yang menjadi perhatian khusus atau setidak jangan dilakukan dalam waktu dekat setelah operasi LASIK yang oleh sebagian kita disebut sebagai pantangan. Tentunya pantangan ini harus diindahkan agar hasil dari operasi LASIK yang sudah diprediksi dari hasil pemeriksaan dan prosedur LASIKnya menghasilkan kondisi mata yang sesuai target yang ditetapkan sebelumnya dimana secara umum agar mata kembali menjadi normal dengan penglihatan yang baik.

Dalam proses penyembuhannya sejak selesai operasi rata – rata membutuhkan waktu untuk penyembuhannya adalah 1 – 3 bulan. Namun hal ini juga tergantung jenis tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan proses penyembuhan lebih cepat dari waktu ke waktu dalam rentang waktu itu. Misalkan jenis tindakan ZLASIK maka setelah minimal 6 jam dari operasi maka penglihatan sudah sangat baik dan boleh jadi sudah sampai dengan target yang ditentukan.

Apa saya hal – hal yang menjadi pantangan atau harus dihindari pasca atau setelah selesai operasi LASIK?

  1. Berkendara / menyetir sendiri
    Berkendara atau menyetir sendiri baik itu mobil apalagi sepeda motor sebaiknya dihindari. Karena masih dalam masa pemulihan setelah operasi tentunya penglihatan belum sempurna, kemudian rasa dimata mungkin akan masih berair atau masih ada rasa sedikit perih atau rasa kurang nyaman mungkin ada, tentu dengan berkendara sendiri akan sangat membahayakan diri sendiri juga orang lain.
  2. Olah Raga Berat
    Bagi Anda yang sangat aktif olah raga atau karena saking semangatnya sudah tanpa kacamata maka pingin segera berolah raga maka hal ini untuk bisa dihindari dahulu. Terutama olah raga berat seperti body impact, sepak bola, basket, berenang dan sejenisnya. Karena bisa memicu iritasi dan juga jika keringat masuk mata bisa menimbulkan infeksi. Namun demikian Anda masih bisa menjaga kebugaran dengan olah raga ringan, misalnya jalan, peregangan atau jalan cepat dan sejenisnya. Setelah 1 bulan dari operasi baru Anda bisa menjalankan olah raga seperti biasanya.
  3. Menyentuh Mata atau Mengucek Mata
    Pasca operasi LASIK umumnya akan banyak air mata keluar, atau terasa ganjal atau gatal atau ada sensasi benda asing dan sejenisnya, yang oleh karena itu rasanya ingin tangan menyentuh untuk menyeka atau bahkan ingin menguceknya. Nah dalam kondisi seperti itu maka adalah larangan atau pantangan untuk menguceknya.
    Dalam hal ini sesuai SOP pasien pasca LASIK akan diberikan kacamata pelindung dan begitu juga Eye SHield ketika sedang tidur agar tidak ada kejadian tanpa sengaja mengucek mata, sehingga dalam proses penyembuhan bisa berjalan dengan sempurna.
  4. Berenang
    Berenang merupakan salah satu olah raga kegemaran banyak orang, namun demikian untuk Anda yang baru saja menjalani operasi LASIK mohon untuk bersabar ketika ingin berenang. Minimal setelah 1 bulan pasca LASIK baru boleh berenang. Apalagi berenang di tempat umum dimana airnya dengan kualitas yang macam-macam. Sangat perlu dihindari agar tidak air masuk ke mata apalagi air kolam renang yang bisa menyebabkan iritasi dan bahkan bisa infeksi.
  5. Terpapar Sinar Matahari secara Langsung (UV)
    Terpapar sinar matahari dalam kondisi normal saja sebaiknya dihindari mengingat adanya sinar UV dari Matahari sebagai sumber utamanya dan sebagai penyebab utama katarak. Namun dalam hal pasca operasi LASIK bahkan untuk jenis tindakan tertentu misalnya TransPRK/PRK/Smartsurface maka terpapar langsung dengan sinar matahari harus dihindari, karena bisa memicu menghambat proses penyembuhan dan memicu akan adanya kekeruhan pada kornea atau haze.
    Untuk disarankan untuk memakai sunglass/kacamata teduh ketika keluar ruangan dan tidak menatap langsung ke matahari.
  6. Bekerja di depan komputer/ main gadget terlalu lama
    Tak pelak lagi, kita semua sudah tidak bisa terlepas dari apa yang namanya smartphone atau gawai atau juga perkerjaan kita dengan layar komputer sebagai media kerja kita. Namun ketika selesai menjalani operasi LASIK tentu harus dikurangi. Hal ini perlu dilakukan karena ketika kita asyik di depan komputer atau smartphone kita maka dengan berlama – lama tidak berkedip sehingga mata menjadi kering, efeknya mata terasa pegal, gatal dan berair juga menjadikan mata kita tegang dengan paparan sinar dari gawai kita. Paling tidak waktunya dikurangi sekali dan akan lebih baik setelah 3 harian pasca lasik bisa menambah waktu bersama dengan gawainya.
  7. Memakai Kosmetik di Sekitar Mata
    Tentunya ini lebih untuk para wanita pasca menjalani operasi LASIK. Penggunaan maskara, eyeliner, bulu mata palsu dan riasan lainnya bisa membahayakan mata yang sedang proses penyembuhan. Adanya bakteri atau kuman pada kosmetik dimungkin akan masuk mata sehingga bisa menimbulkan iritasi dan bahkan infeksi. Maka tunggu sampai paling tidak 1 minggu pasca operasi Lasik. Gunakan make up sewajarnya dan perhatikan daerah mata.
  8. Air masuk Mata
    Sebagaimana ulasan di atas dalam renang, namun ini khusus air semisal dalam hal mandi. maka 3 hari pertama mandi sebaiknya leher ke bawah. Untuk wajah bisa dengan menggunakan wash-lap. Kemudian untuk keramas jika memang tidak bisa tahan sampai 1 minggu bisa keramas di salon dengan sangat memperhatikan tidak ada air yang masuk mata.

Demikian kiranya hal – hal yang perlu diperhatikan agar hasil dari operasi sesuai dengan target yang diharapkan yaitu penglihatan yang sempurna dan bisa meningkat produktivitas dan tentunya meningkat kualitas hidup kita.