SILC LASIK CENTER

Apakah Mata Plus Bisa Sembuh?

Mata plus (hipermetropia) terjadi karena kelengkungan abnormal pada lensa atau kornea, yang terletak di bagian depan mata. Lantas, apakah mata plus bisa sembuh? Berikut ini penjelasannya.

Pada beberapa orang, bola mata lebih pendek dari biasanya, sementara pada orang lain, kornea tidak cukup melengkung, sehingga menyebabkan objek di dekatnya menjadi kabur.

Apakah Mata Plus Bisa Sembuh?

Apakah mata plus bisa sembuh? Untuk mengatasi masalah gangguan penglihatan seperti mata plus (hipermetropia), coba untuk konsultasikan dengan dokter ahli mata.

Setelah melakukan pemeriksaan mata dan memeriksa riwayat kesehatan umum Anda, dokter akan merekomendasikan salah satu perawatan untuk memperbaiki mata plus Anda.

Adapun beberapa perawatan yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah pengelihatan seperti mata plus yaitu sebagai berikut:

1. Kacamata dan Lensa Kontak

Lensa korektif adalah salah satu cara pengobatan yang paling umum untuk mengatasi masalah penglihatan seperti mata plus atau rabun dekat.

Dengan kacamata atau lensa kontak, cukup membantu untuk menghilangkan atau mengurangi penglihatan jarak dekat yang kabur atau buram.

Menurut National Eye Institute, kacamata atau lensa kontak aman dan mudah digunakan bagi kebanyakan orang. Dokter akan meresepkan lensa korektif jika Anda bukan kandidat yang baik untuk operasi.

2. Implan Mata

Implan mata juga bisa menjadi solusi untuk mengobati penglihatan mata yang kabur atau buram. Caranya dengan menanam lensa pada mata melalui prosedur pembedahan atau operasi.

Ahli bedah mata memasukkan lensa ke dalam mata untuk mengoreksi rabun dekat. Dalam beberapa kasus, ahli bedah memposisikan lensa baru untuk ditempatkan di depan lensa alami mata.

Prosedur tersebut bisa menjadi pilihan baik jika Anda tidak memenuhi syarat untuk melakukan operasi LASIK. Sebab, untuk operasi LASIK ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi.

3. Operasi LASIK

Jika Anda menginginkan rabun dekat atau mata plus yang Anda derita sembuh permanen, maka melakukan operasi LASIK bisa menjadi solusi yang tepat.

Dalam prosedur ini, ahli bedah menggunakan laser untuk membentuk kembali kornea, mengoreksi kelengkungan. LASIK memberikan koreksi penglihatan yang efektif untuk masalah mata plus ringan atau sedang.

Menurut Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin-Madison, orang dengan resep yang tidak stabil, kornea berbentuk tidak teratur, kesehatan buruk, maka tidak boleh menjalani operasi LASIK.

Dari pilihan 3 perawatan masalah mata plus yang disebutkan di atas, dokter ahli mata akan memberikan pilihan prosedur perawatan yang paling tepat untuk Anda.

Nah, untuk melakukan perawatan masalah mata, Anda bisa datang ke Silc Lasik Center DIPO Business Center No. B1, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 50 – 52 Jakarta Pusat.

Sumber: webmd.com