SILC LASIK CENTER

Operasi LASIK MATA, Pengertian, Syarat-syarat, Prosedur, Manfaat dan Biayanya

Operasi LASIK MATA, Pengertian, Syarat-syarat, Prosedur, Manfaat dan Biayanya. Topik ini ingin kami sampaikan agar masyarakat luas mendapatkan gambaran yang utuh perihal operasi LASIK. Luangkan waktu untuk membacanya agar ada pemahaman yang lebih mendalam.

Pengertian LASIK Mata

LASIK singkatan dari Laser Assisted in-Situ Keratomeleusis yang biasanya disebut Operasi Laser Mata atau belakangan ini juga disebut Laser Vision Correction. Suatu tindakan bedah refraktif dengan bantuan laser dan dilakukan oleh dokter ahli mata khusus bedah refraktif dengan tujuan mengubah bentuk kelengkungan kornea untuk menghilangkan atau mengurangi kelainan refraksi seperti mata minus (myopia), hypermetropia (mata plus), mata silinder (astigmatisma) dan presbyopia (mata tua dengan syarat tertentu).

Syarat – Syarat Operasi LASIK Mata

Tidak semua kondisi mata bisa dilakukan operasi LASIK. Ada banyak persyaratan yang masuk indikasi LASIK agar hasil yang didapatkan setelah LASIK bisa optimal. Berikut beberapa syarat-syarat pasien yang bisa dioperasi LASIK:

  • Umur pasien LASIK minimal 18 tahun
  • Ukuran kacamata atau refraksinya sudah stabil setahun terakhir
  • Tidak sedang hamil atau menyusui
  • Kondisi kesehatan umum sehat/baik
  • Tidak ada penyakit mata misal katarak, glaukoma dan lain-lain
  • Tebal kornea cukup untuk dilakukan LASIK sesuai kebutuhannya
  • Tidak ada penyakit autoimun

Batasan ukuran untuk LASIK

Batasan ukuran kacamata atau kelainan refraksi yang bisa dioperasi LASIK secara umum adalah sebagai berikut:

  • Myopia : -1.00 D sd -12.00 D
  • Hypermetropia : +1.00 D sd +4.00 D
  • Astigmatisma : -1.00 D sd -5.00 D

Prosedur Operasi LASIK

Proses Operasi atau prosedur operasi LASIK tergantung jenis LASIKnya. Dibawah akan disampaikan beberapa prosedur Operasi LASIK di SILC LASIK CENTER

  1. ZLASIK

    Prosedur operasi ZLASIK mempunyai 2 tahap yaitu tahap pertama pembuatan flap (lapisan tipis pada kornea), ini dibuat dengan menggunakan mesin Femtosecond Laser. Pada proses ini membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk waktu lasernya, lalu lapisan tipis tadi dibuka. Kemudian tahap kedua adalah laser untuk membentuk kelengkungan baru pada kornea atau menghilangkan ukuran kacamatanya atau menguranginya sesuai kondisi ukuran dan matanya.

    Laser ini menggunakan mesin Excimer Laser Schwind Amaris 1050 RS dari Jerman. Laser yang dibutuhkan sesuai ukurannya begitu juga waktu lasernya. Mesin ini mempunyai kecepatan 1050 hz jadi cepat sekali dan mata lasernya 0.54 mm sehingga halus sekali dan mempunyai 7 D eyetracking – pelacak mata sehingga semua arah gerakan mata bisa dilacak yang akhirnya laser menjadi tepat sasaran. Karena kecepatan yang tinggi itu maka untuk menghilangkan ukuran kacamata -1.00 D membutuhkan waktu hanya 1.3 detik. Jadi sangat cepat sekali. Setelah laser dilakukan, dilanjutkan dibersihkan dan flap tadi dikembalikan ke tempat semula dan diberi obat-obatan.

  2. SMARTSURFACE

    Prosedur operasi SMARTSURFACE ini mempunyai 1 tahap. Begitu kondisi mata sudah siap, sudah dibersihkan, sudah fokus maka laser langsung di aplikasikan ke mata dengan terlebih dahulu diposisikan dengan tepat. Laser langsung mulai mengena daerah permukaan epitel, lapisan paling luar kornea dan dilanjutkan ke stroma (bagian tertebal kornea).

    Setelah selesai, dibersihkan dan mata diberikan air BSS dingin lalu diberi obat dan di tutup dengan lensa kontak lunak untuk proses penyembuhan atau penumbuhan bagian luar kornea (epitel). Diperlukan sekitar 4- 5 hari untuk proses ini dan akan dilepas oleh dokter mata Anda.

  3. LASIK XTRA

    Prosedur operasi LASIK XTRA ini tahap awalnya sama dengan prosedur operasi ZLASIK. Setelah pada proses laser untuk menghilangkan ukuran kacamata selesai dan bekas laser dibersihkan. Kemudian diberikan cairan Ribo Flavin di bekas lasernya sekitar 30 detik. Lapisan tipis kornea dikembalikan semula, lalu cairan Ribo Flavin yang berlebih disiram dan dilanjutkan pemberian penyinaran dengan UV selama 75 detik.

  4. PRESBYMAX-Hybrid

    Prosedur operasi PresbyMax-Hybrid ini prinsipnya sama dengan jenis tindakan di atas, hanya ketika penentuan ukuran dilakukan sebelum operasi dengan software dari mesin ini. Jadi tindakannya sama persis hanya software atau teknologi yang akan membuat hasilnya sesuai yang dikehendaki.

Manfaat operasi LASIK

Operasi LASIK sangat bermanfaat bagi berbagai kondisi antara lain:

  • Semua orang yang berkacamata atau pakai lensa kontak agar tidak memakai lagi kacamata dan lensa kontaknya. Terutama yang sudah ukuran besar sehingga berat atau mata yang iritasi ketika pakai lensa kontak
  • Penderita kelainan refraksi di mana ukuran kanan dan kiri beda jauh sekali sehingga tidak nyaman memakai kacamata
  • Para calon anggota POLRI atau TNI atau sekolah kedinasan lainnya
  • Para olahragawan
  • Public pigure

Biaya Operasi LASIK Mata

Biaya operasi LASIK mata di berbagai tempat bisa jadi beragam tergantung fasilitas yang diberikan dan banyak faktor lain. Di SILC LASIK CENTER per saat tulisan dipublikasi biaya atau harga operasi LASIK mata adalah sebagai berikut :

Dokter – dokter Ahli Operasi LASIK

Tidak semua dokter mata mempunyai kompetensi untuk mengerjakan operasi LASIK. Hanya dokter dengan fellowship/pelatihan yang cukup yang boleh mengerjakan operasi LASIK. Karena kasus operasi LASIK juga tidak sederhana maka diperlukan pengalaman dan jam terbang yang cukup pula.

Di SILC LASIK CENTER, para dokter ahli mata khusus LASIK sudah siap membantu Anda dalam menangani kelainan refraksi dengan operasi LASIK. Diantaranya adalah :

Segera Anda melakukan pemeriksaan pra LASIK terlebih dahulu sebelum menjalani operasi LASIK. Untuk informasi lebih detail silakan WA ke 082210488488.