SILC LASIK CENTER

Operasi LASIK bertujuan untuk mengoreksi miopia, hipermetropia, dan astigmatisme agar tidak ketergantungan dengan kacamata dan lensa kontak. Lantas, bisakah menggunakan lensa kontak pasca LASIK mata?

LASIK merupakan operasi laser mata yang dilakukan untuk mengobati miopia (rabun jauh), hyperopia (rabun dekat), dan astigmatisme (silinder).

Seperti jenis operasi refraktif lainnya, prosedur LASIK membentuk kembali kornea untuk memungkinkan cahaya yang masuk ke mata difokuskan dengan benar ke retina untuk penglihatan yang lebih jelas.

Tujuan dari prosedur LASIK ini adalah untuk membantu penderita agar mendapatkan kembali penglihatan yang jelas tanpa ketergantungan dengan kacamata atau lensa kontak.

Namun, bolehkah jika ada seseorang yang ingin menggunakan lensa kontak pasca LASIK? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini penjelasannya.

Penggunaan Lensa Kontak Pasca LASIK

Penggunaan lensa kontak setelah prosedur LASIK boleh-boleh saja. Adapun kategori orang-orang yang boleh menggunakan lensa setelah prosedur LASIK yaitu sebagai berikut.

1. Gangguan Penglihatan Sangat Tinggi

Orang yang mempunyai gangguan penglihatan sangat tinggi biasanya tidak sepenuhnya dapat dikoreksi dengan prosedur LASIK. Maka, diperbolehkan jika ingin menggunakan lensa kontak setelah prosedur LASIK.

2. Mengalami Presbiopia

Seseorang yang penglihatannya telah diperbaiki sepenuhnya dengan LASIK saat usia muda, namun di usia tuanya mengalami presbiopia, maka bisa menggunakan lensa kontak untuk monovision.

3. Untuk Fashion

Seseorang yang memiliki penglihatan sempurna setelah LASIK, tetapi ingin mengubah atau meningkatkan warna matanya, baik untuk sehari-hari atau untuk acara-acara tertentu, maka boleh menggunakan lensa kontak.

Jika ditarik kesimpulan, maka seseorang diperbolehkan untuk menggunakan lensa kontak yang aman dan nyaman setelah melakukan operasi LASIK.

Namun, disarankan untuk mencari dokter mata spesialisasi dalam pemasangan lensa kontak jika Anda ingin memakai lensa setelah LASIK.

Saran Penggunaan Lensa Kontak

Ahli bedah LASIK menyarankan, jika ingin menggunakan Lensa kontak, tunggu dua hingga tiga bulan pasca operasi LASIK atau saat kondisi mata sudah benar-benar pulih pasca operasi.

Namun, pemeriksaan lebih teliti diperlukan mengingat kondisi kornea sudah berbeda dengan kondisi mata sebelum LASIK. Kornea menjadi lebih datar jika sebelumnya ada kelainan myopia (mata minus) dan akan lebih lengkung jika sebelumnya kelainannya hypermetropia.

Sumber: Situs All About Vision