SILC LASIK CENTER

Cara Mengobati Mata Silinder, adalah satu kalimat yang dicari oleh masyarakat luas akan jawabannya. Mata silinder menjadi frasa yang sudah melekat di masyarakat di samping mata minus dan mata plus. Nah, pada kesempatan kali ini kita fokus pada mata silinder dan khususnya bagaimana cara mengobati mata silinder itu.

Cara Mengobati Mata Silinder

Apa itu Mata Silinder?

Mata silinder atau astigmatisme atau astigmatisma atau mata cylinder adalah kondisi dimana dalam keadaan mata tanpa akomodasi bayangan dari sinar-sinar sejajar yang masuk mata dibiaskan TIDAK dalam satu fokus melainkan membentuk garis fokus.

Apa Penyebab Mata Silinder?

Penyebab mata silinder umumnya adalah adanya perbedaan kelengkungan dari kornea mata. Ada kekuatan dari salah satu meredian kornea yang paling kuat dan ada kekuatan meredian ditegaklurusnya yang paling lemah. Sehingga bayangan jatuh di dua fokus yang tegak lurus itu dan dampaknya penglihatan menjadi tidak jelas dan umumnya berbayang. Penyebab lain juga lensa kristalin mata juga ada perubahan bentuk. Kedua penyebabnya juga ada faktor keturunan, atau bisa juga karena trauma mata bahkan bisa juga disebabkan karena pasca operasi lain pada mata.

Apa Gejala/Tanda Mata Silinder?

Gejala mata silinder bisa dirasakan oleh penderita sebagai pandangan buram, berbayang. pandangan kurang untuk jauh dan dekat, sering menyipitkan mata, mata tegang dan kepala pusing/sakit kepala.

Apa yang memperparah mata Silinder?

Kondisi – kondisi tertentu bisa memperparah atau meningkatkan risiko mata silinder lebih parah diantaranya:

  • Pernah operasi mata, misal operasi katarak
  • Penderita myopia (rabun jauh) atau hypermoetropia (rabun dekat) yang parah
  • Ada Riwayat penyakit astigmatisma dalam keluarga
  • Riwayat penyakit mata lainnya dalam keluarga, misal keratokonus
  • Memiliki luka atau penipisan pada kornea

Bagaimana diketahui adanya mata Silinder?

Ketika Anda mengalami gejala atau tanda diatas, maka sebaiknya segera datang ke optometris atau dokter ahli mata Anda. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan meliputi:

  • Pemeriksaan visus/tajam penglihatan
    Di sini akan diketahui seberapa kemampuan tajam penglihatan sebelum dikoreksi dan setelah dikoreksi.
  • Pemeriksaan Keratometri
    Dengan alat ini akan didapatkan hasil atau kondisi bagaimana kelengkungan kornea bisa menyebabkan mata silinder.
    Alat ini biasanya juga sudah menyatu dengan autorefraktokeratometri dan bisa juga terpisah dan bahkan yang canggih tidak sekedar memeriksa kelengkungan mata, namun bisa memeriksa banyak sekali informasi terhadap kondisi mata yang lain.

Cara Mengobati Mata Silinder

Di sini perlu digarisbawahi adalah ada mengobati dalam artian menghilangkan silindernya sehingga bisa melihat dengan jelas layaknya orang normal. Adapula dengan alat bantu, sehingga setelah memakainya akan mendapatkan penglihatan sebagaimana orang normal sesuai dengan tajam penglihatan saat pemeriksaan.

Alat bantu Mata Silinder

  • Kacamata
    Alat bantu ini pastinya sangat populer, setiap kita keluar rumah atau bahkan di dalam rumah akan menjumpai pemakai kacamata. Sebagai rehabilitasi gangguan penglihatan hanya saja harus dipakai ketika ingin mendapatkan penglihatan yang sempurna. Begitu pula untuk mata silinder bisa dikoreksi dengan kacamata ini.
  • Lensa kontak
    Alat bantu ini lebih mendominasi ketika untuk kosmetik, yang mana banyak sekali pemakai lensa kontak berwarna, baik yang ada koreksi atau sekedar normal untuk tampil beda. Namun tujuan utama awalnya untuk koreksi, termasuk koreksi mata silinder ini.

Mengobati  Mata Silinder

  • LASIK/Bedah refraktif
    LASIK adalah tindakan/prosedur/Operasi bedah refraktif dengan menggunakan bantuan mesin laser atau Excimer laser dengan mengubah kelengkungan kornea sesuai kebutuhan sehingga penglihatan menjadi normal kembali atau sesuai dengan target pada pemeriksaan sebelumnya.
    LASIK ini sangat aman, cepat, presisi dan sangat bisa diprediksi. Dengan kemajuan teknologi kedokteran khususnya dibidang mata dan lebih khusus lagi di bedah refraktif (LASIK) sungguh sangat pesatnya. Mesin Excimernya sudah demikian canggih dengan presisi yang tinggi dan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga operasi menjadi lebih cepat dan aman serta nyaman dan hasil yang akurat.

Anda, ingin informasi bagaimana cara mengobati mata silinder lebih detail, silakan hubungi SILC LASIK CENTER di WA 082210488488