SILC LASIK CENTER

Dapatkah LASIK Jika Kornea Tipis?. Apa itu LASIK Mata? LASIK atau Laser-Assisted In Situ Keratomileusis adalah prosedur bedah refraktif dengan bantuan mesin yang canggih yaitu mesin laser untuk mengkoreksi kelainan refraksi, seperti mata minus (myopia), mata plus (hypermetropia), mata silinder (astigmatisma), dan mata tua (presbyopia).

Prinsip Operasi LASIK

Operasi LASIK pada prinsipnya adalah mengubah kelengkungan pada kornea atau membentuk kelengkungan baru pada kornea dengan sinar laser dari mesin excimer laser atau Femtosecond Laser yang canggih. Berubahnya kelengkungan kornea bisa dari bagian depan, atau dari bagian dalamnya kornea (stroma). Dalam proses ini maka ada kornea yang diambil.

Di seluruh dunia tentunya sudah sangat banyak sekali prosedur operasi LASIK ini dilakukan dan hasilnya aman pada batas sisa kornea yang disyaratkan. Umumnya tebal kornea setelah operasi LASIK minimal masih tersisa 400 mikron.

Pemeriksaan Sebelum Operasi LASIK

Sebelum menjalani operasi LASIK, maka dipastikan sudah menjalani serangkaian pemeriksaan pra LASIK yang akan mengukur semua kebutuhan dalam operasi LASIK, diantaranya ukuran kacamatanya, kelengkungan kornea, lebar pupil dan tebal korneanya. Sehingga dokter ahli LASIK akan menginformasikan kepada Anda apakah kornea Anda aman untuk LASIK atau tidak.

Dapatkah LASIK Jika Kornea Tipis?

Ketika Anda mempunyai kornea yang tipis atau kondisinya kurang teratur atau boleh jadi ukuran kacamatanya sangat tinggi, sehingga membutuhkan jaringan kornea yang banyak untuk sampai pada taraf hasil maksimal misal sampai normal sehingga sampai batas minimal sisa kornea masih belum cukup maka bisa jadi ukuran setelah operasi ada sisa atau bahkan tidak menjadi kandidat pasien LASIK yang baik.

Ketika didapatkan kondisi misalnya keratoconus maka hal ini juga dihindari untuk tindakan Operasi LASIK. Biasanya pasien dengan kondisi ini suka menggosok – gosok mata, sehingga ada bagian yang tipis pada korneanya.

Pilihan untuk Kornea Tipis

Dalam beberapa kasus, ketika kornea tipis maka pilihan Trans PRK atau Smartsurface bisa menjadi pilihan, di samping misal untuk ukuran yang besar bisa dengan Refractive Lens Exchange (RLE) atau bisa juga kemungkinan dengan Phakic IOL.

Segera periksakan kondisi mata Anda, sehingga bisa diketahui lebih dini, terutama yang sudah memakai kacamata lama dan minus tinggi, agar bisa dilakukan operasi LASIK dan membebaskan Anda dari beratnya kacamata dan juga repotnya merawat lensa kontak.

Hubungi kami di WA 082210488488 untuk informasi lebih detail.