SILC LASIK CENTER

Waktu Pemulihan Operasi LASIK. Sebagai pedoman agar pasien pasca operasi LASIK bisa mempersiapkan diri tentang apa yang harus dilakukan setelah operasi LASIK.

Karra Syam setelah operasi lasik oleh dr Sophia

Tujuan operasi LASIK adalah untuk memperbaiki penglihatan, yang semula memerlukan alat bantu diharapkan setelah operasi akan lepas dari ketergantungan alat bantu tersebut, semisal kacamata atau lensa kontak. Proses mencapai derajat keberhasilan operasi LASIK sudah disiapkan sebelum, saat dan sesudah operasi LASIK. Semua tahapan atau proses punya peran atau andil untuk mencapai tujuan tersebut.

Berapa lama proses penyembuhan operasi LASIK?

Sebenarnya mata akan memulai proses penyembuhan segera setelah setelah operasi LASIK selesai. Namun dalam tahap awal sekali selesai operasi LASIK akan didapatkan penglihatan terasa buram, banyak air mata dan juga bisa adanya fluktuasi atau berubah – ubahnya penglihatan pasien. Tapi jangan khawatir, dokter ahli LASIK akan memberikan petunjuknya untuk proses perawatan pasca operasi LASIK ini.

Berikut gambaran waktu penyembuhan untuk tindakan ZLASK:

Hari Pertama Pasca LASIK

Operasi LASIK mata, bisa langsung memberikan efek seketika setelah selesai operasi, termasuk di dalamnya rasa kurang nyaman dan juga sensitif terhadap sinar. Biasanya untuk rasa kurang nyaman apalagi misal terasa sakit, maka disiapkan obat minum untuk pereda sakitnya dan umumnya tidur saja sudah menjadikan nyaman setelah nanti bangun.

Dalam masa – masa awal sekitar 7 hari maka di dalam ruangan ataupun keluar ruangan diwajibkan memakai kacamata pelindung. Agar tidak ada debu atau juga mengurangi silau dan juga menjaga agar tidak ada trauma atau misal tangan mengucek ke mata. Untuk keluar ruangan memakai sunglass /kacamata teduh lebih disarankan. Pada malam hari akan dipasangkan ‘eye shield‘ sehingga ketika tidur akan aman dari gosokan tangan dan lain sebagainya.

Ketika pulang ke rumah dari klinik pasca operasi LASIK, maka sebaiknya ada keluarga atau teman yang bisa mendampingi atau mengantar. Agar perjalanan ke rumah menjadi nyaman.

Satu hari setelah operasi LASIK, pasien diwajibkan kontrol ke dokter ahli LASIK untuk memeriksakan kondisi matanya.

Minggu Pertama Pasca Operasi LASIK

Jadwal kontrol ulang pasca operasi LASIK biasanya adalah 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan pasca operasi. Di sini dokter akan melihat kondisi kornea dan mata keseluruhan dan juga tentunya tajam penglihatannya. Dari hasil pemeriksaan dokter akan memastikan bahwa proses penyembuhannya sudah sesuai yang seharusnya dan akan mengambil langkah tertentu jika ada hal yang kurang baik.

Pada tahap ini, pasien biasanya sudah bisa bekerja atau mengendarai setelah kontrol 1 minggu pasca LASIK bahkan bisa lebih cepat dari itu. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari dalam minggu pertama, antara lain:

  • berias mata bagi wanita
  • sabun muka
  • debu dan asap (merokok)
  • Olahraga berat atau bekerja keras

Satu Bulan Pasca Operasi LASIK

Sampai dengan 1 bulan setelah operasi, proses penyembuhan akan berlangsung menjadi lebih baik dan lebih baik. Olah raga berat dan berenang diperbolehkan setelah 1 bulan pasca operasi LASIK. Kemungkinan akan merasa ada halo, silau atau mata kering dan seiring waktu dan dengan obat tetes akan berkurang.

Tiga Bulan Pasca Operasi LASIK

Setelah 3 bulan pasca operasi LASIK, umumnya mata sudah sangat nyaman dan serasa biasa saja. Tidak ada pantangan tertentu yang harus dijalani dan namun tetap disadari bahwa kondisi matanya habis operasi, jadi tetap kewaspadaan terhadap trauma mata sebaiknya diperhatikan.

Enam Bulan Pasca Operasi LASIK

Pasien hampir sudah tidak ada keluhan dan sudah sangat normal sekali. Semu aktifitas sudah seperti biasanya. Pemeriksaan dilakukan sebagai rutin pemeriksaan kesehatan mata.

Masih perlu penjelasan lebih? Silakan hubungi WA 082210488488.