SILC LASIK CENTER

Apakah LASIK itu Sakit?. LASIK adalah tindakan atau operasi bedah refraktif dengan bantuan laser dengan tujuan untuk mengurangi atau menghilangkan kelainan refraksi seperti mata minus (myopia), mata plus (hypermetropia), dan mata tua (presbyopia) dengan syarat tertentu.

Apakah LASIK itu Sakit?

Metode LASIK sudah sangat diakui sebagai salah satunya tindakan bedah refraktif yang mempunyai tingkat keberhasilan sangat tinggi. Bahkan di SILC LASIK CENTER untuk kurun waktu 2021 99,4 % sesuai target dan bahkan 60 – 70 % ada peningkatan tajam penglihatan dari kondisi sebelum operasi.

Bagaimana LASIK dikerjakan?

Setelah dilakukan pemeriksaan pendahuluan pada operasi LASIK yang meliputi pemeriksaan :

  • Refraksi (tajam penglihatan)
  • Tekanan bola mata
  • Topography (kelengkungan kornea)
  • Tebal kornea
  • Retina
  • Air mata, dll

Jika semua hasil pemeriksaan dinyatakan layak untuk operasi LASIK maka selanjutnya pasien akan persiapan untuk memasuki ruang operasi. Diawali dengan pemberian baju operasi, nurse cap dan masker, pemberian tetes anestesi topikal lalu pemberian antiseptik di daerah mata agar bebas mikroorganisme penyebab penyakit.

Ketika mesin Excimer laser sudah siap dengan semua data pasien, lalu pasien berbaring di tempat tidur pasien. Pasien dipasang dengan penutup kelopak mata (eye drape) untuk melindungi bulu mata agar tidak mengganggu. Lalu diberikan anestesi topikal – tetes lagi dilanjutkan pemberian penyangga pada kelopak mata (mungkin ini yang kurang nyaman). Pada kondisi ini bertujuan agar mata tidak bisa mengedip atau menutup, karena memang saat operasi diperlukan mata selalu terbuka dalam waktu sekitar 10 – 15 menit, tergantung jenis tindakan dan atau kondisi mata dan kooperasi dari pasiennya.

Lalu, pembersihan kotoran di fornik atau dikantung mata, mungkin ada kotoran dan lain-lain. Selanjutnya proses lasernya dan ini tergantung jenis tindakannya. Ketika laser ke mata tidak ada rasa sakit, karena hanya prinsip tembakan laser yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Jadi apakah LASIK itu Sakit?, sampai dengan penjelasan di atas maka proses operasi LASIK tidak sakit. Hanya ada kondisi kurang nyaman ketika diberikan penyangga di mana mata harus terbuka. Dan ada rasa perih – perih ketika diberikan obat tetes anestesi topikal dan rasanya juga sebagaimana obat tetes ke mata yang kadang ada yang perih.

Ingin lebih detail perihal ini? Silakan hubungi WA  082210488488