SILC LASIK CENTER

Apakah Operasi LASIK harus 2 mata?

Operasi LASIK merupakan bagian dari Laser Vision Correction, dimana secara garis besar ada 3 macam, antara lain :
1. Surface Ablation
2. LASIK
3. Lenticule Extraction

Pengertian LASIK

LASIK singkatan dari Laser Assited in-Situ Keratomeleusis. LASIK adalah tindakan/operasi bedah refraktif dengan menggunakan laser yang didahului dengan pembuatan flap (lapisan tipis) pada kornea dan dilanjutkan laser untuk membentuk kelengkungan baru pada kornea untuk koreksi gangguan penglihatan atau kelainan refraksi antara lain mata minus (myopia), mata plus (hypermetropia) dan mata silinder (astigamtisma).

2 (Dua) Tahap proses LASIK

Dalam operasi LASIK Mata, ada 2 tahapan penting, yaitu:
1. Pembuatan flap (lapisan tipis) kornea
2. Laser koreksi kelainan refraksi

Pada proses pembuatan flap (lapisan tipis) pada kornea bisa dilakukan dengan menggunakan Microkeratome (pisau bedah mekanik) semisal mesin Amadeus II atau Moria dan lain – lainnya. Namun untuk saat ini sudah banyak menggunakan laser juga, sehingga sering disebut All Laser LASIK atau No Blade LASIK. Tentunya risiko pada proses pembuatan flap ini sangat kecil ketika sudah menggunakan laser. Hasil sangat halus, dengan seragam ketebalan yang sama dari tepi sampai tengahnya. Dan ini sangat membantu proses penyembuhannya jauh lebih cepat. SILC LASIK CENTER sudah menggunakan laser untuk proses pembuatan flap ini. Laser yang digunakan adalah femtosecond laser dari Ziemer Femto LDV dari Jerman. Dengan hasil flap yang sangat bagus, seragam dan halus permukaanya memungkin proses penyembuhan sanhgat cepat dan hasil penglihatannya lebih optimal.

Selanjutnya proses kedua adalah laser untuk mengkoreksi kelainan refraksinya. Ketika flap sudah terbentuk, lalu oleh dokter ahli lasik, flap tersebut di buka dan dilipat ke salah satu sisi, sesuai dengan lokasi ‘hinge’ nya. Jadi flap ini tidak dibuat putus lepas, melainkan masih ada bagian yang tidak putus dari kornea. Lalu bagian stroma bawah flap yang dibuka itu di laser menggunakan mesin excimer laser. Sebuah laser dingin yang tidak merusak, namun bisa memisahkan jaringan korena sesuai yang dikehendaki oleh program dari mesin LASIK tersebut. Layaknya “memahat” laser akan mengambil daerah-daerah sesuai dengan peta profile dari prosedur Lasik yang diambil.

mesin lasik schwind amaris

Selesai laser dan dibersihkan bekas lasernya, lalu fap tadi dikembalikanke tempat semua dengan rapi. Tanpa perlu dijahit atau di lem atau diberi zat tertentu, flap ini akan menyatu dengan korena (stroma) dengan segera dan dalam hitungan jam sudah lengket dengan stromanya. Penglihatannyapun seketika sudah bisa melihat dengan cukup jelas.

Apakah saya cocok untuk LASIK Mata?

Keberhasilan operasi LASIK tidak terlepas dari hasil kondisi mata pasien melalui pemeriksaan pra LASIK. Tidak semua mata bisa di lasik. Ada beberapa syarat untuk bisa di LASIK dengan hasil yang maksimal dan optimal, yaitu:
1. Umur pasien minimal 18 tahun
2. Kondisi kelainan refraksi/ukuran kacamatanya stabil dalam 1 tahun terakhir
3. Kesehatan secara umum baik
4. Tidak sedang ada penyakit mata, seperti katarak, glaukoma, retina dll
5. Tidak sedang hamil atau menyusui

Nah, jika semua terpenuhi, kemudian hasil pemeriksaan ukuran termasuk juga tebal kornen dan kondisi kornea baik serta kondisi retina juga baik maka dinyatakan layak LASIK dan segera bisa dilakukan operasi LASIK.

Apakah operasi LASIK Mata harus 2 mata?

Operasi lasik tergantung kondisi mata pasien, dan LASIK bertujuan menghilangkan ukuran kacamata pada mata yang berukuran. Sementara itu tidak semua orang kedua matanya mengalami gangguan penglihatan. Ada yang hanya perlu ukuran kacamata pada mata kanan saja dan ada yang hanya perlu kiri saja. Walaupun secara garis besar hampir kedua matanya bermasalah dengan gangguan penglihatan.
Jadi ketika hanya satu mata yang bermasalah, maka operasi hanya dilakukan pada satu mata yang bermasalah itu saja.

Bagaimana sebaiknya jika kedua matanya yang bermasalah?
Anjurannya sebaiknya dilakukan keduanya dalam waktu satu waktu itu. Mengapa demikian?
Pasien dalam dirinya, secara psikologis, akan selalu mempersiapkan diri dengan sangat baik. Rasa takut karena oerasi tentu ada. Nah ketika operasi mesti 2 (dua) kali maka perasaan itu akan disiapkan 2 x pula. Termasuk juga pasca operasi, dimana ada jadwal – jadwal kontrol yang teratur, jika mesti dipisah antara mata kanan dan kiri di hari yang berbeda maka akan melakukan kontrol pasca LASIK yang berkali-kali juga.
Satu hal misal ukuran mata sangat tinggi, maka akan sangat tidak nyaman, ketika satu mata sudah operasi dan sudah jelas, sementara sebelahnya masih berukuran tinggi dan tidak bisa dipakaikan kacamata, karena akan berakibat pusing sekali.
Jadi operasi langsung 2 mata adalah pilihan yang nyaman dan aman dan hampir semua pasien menjalani operasi LASIK secara 2 mata dalam satu waktu.

Jika masih ada hal yang kurang jelas atas masalah dengan LASIK, silakan hubungi WhastApp SILC LASIK CENTER di 0822 10 488 488 untuk lebih jelasnya.