SILC LASIK CENTER

Berapa Lama Penyembuhan Operasi LASIK?. Operasi LASIK adalah tindakan bedah refraktif dengan bantuan mesin laser untuk menghilangkan ukuran kacamata seperti mata minus, plus dan silinder bahkan jika pasien ada presbyopia-nya juga. Setelah seseorang menjalani serangkaian pemeriksaan pra Lasik, kemudian dokter menyatakan bahwa pasien layak tindakan lasik, maka dilakukanlah operasi lasik.

Karra Syam setelah operasi lasik oleh dr Sophia

Proses Operasi LASIK

Dengan kondisi mata setelah dilakukan pemeriksaan pra lasik yang meliputi Pemeriksaan:

  1. Refraksi untuk mendapatkan ukuran kacamatanya
  2. Tekanan bola mata
  3. Lebar pupil dan berbagai kondisi cahaya, baik gelap, normal maupun terang
  4. Topografi untuk melihat kelengkungan kornea dari berbagai meridian
  5. Ketebalan kornea
  6. Air mata
  7. Aberasi
  8. Funduskopi/retina
  9. Pemeriksaan lainnya

dan dinyatakan layak setelah dilakukan kalkulasi atas ukuran yang didapat, maka dipersiapkanlah operasinya.

Operasi ini tergantung jenis tindakan yang dipilih dan atau disarankan oleh dokter yang menanganinya. Contoh dalam tulisan ini jenis tindakan adalah ZLASIK maka prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan flap/ lapisan tipis pada kornea dengan menggunakan mesin Femtosecond laser
  2. Flap/lapisan tipis tersebut dibuka
  3. Daerah bukaan pada kornea tepatnya stroma tersebut, kemudian di laser dengan mesin excimer laser untuk menghilangkan ukuran kacamatanya dengan membentuk kelengkungan baru sesuai yang diperlukan
  4. Menutup kembali flap/lapisan tipis yang dibuka tadi
  5. Pemberian obat – obatan

Berapa Lama Penyembuhan Operasi LASIK?

Secara umum, untuk tindakan jenis ZLASIK ini, begitu selesai operasi maka pasien sudah bisa melihat sekitarnya, paling tidak sudah bisa membaca jam pada jam dinding yang ada di ruang operasi.

Kemudian pasien akan istirahat dan sekitar 4-6 jam pertama maka pasien akan mendapat penglihatan yang sudah sangat membaik dan nyaman.

Karra Syam dengan dr Sophia

Kontrol Post Operasi 1 hari

Pada saat kontrol ulang pasca operasi 1 hari maka target tajam penglihatan umumnya sudah tercapai atau bisa terbaca sesuai dengan target yang di awal sudah ditentukan.

Dari sini pasien sebenarnya sudah bisa beraktivitas dalam ruangan seperti biasa, namun tetap hati-hati khususnya terhadap matanya. Membatasi waktu melihat dekat pada gawai lebih baik, agar mata lebih santai, namun bukan berarti tidak boleh.

Kontrol Post Operasi 1 minggu

Setelah 1 minggu pasca operasi lasik, maka dijadwalkan untuk kontrol ulang, ini benar penting juga untuk memantau perkembangan tajam penglihatan, flap dan kondisi mata secara keseluruhan. Tajam penglihatan pada 1 minggu pasca operasi lasik ini umumnya sudah sangat baik. Sudah sesuai target sehingga pekerjaan sehari – hari sudah bisa dikerjakan dengan biasa.

Kontrol Post Operasi 1 bulan

Olahraga berat misal renang bisa dilakukan setelah 1 bulan pasca operasi Lasik. Kontrol masih perlu dilakukan untuk memantau dan memonitor kondisi tajam penglihatan dan kondisi mata secara keseluruhan. Umumnya stabil hasil operasi lasik dimulai dari 1 bulan ini dan sampai 3 bulan ke depan.

Lama proses penyembuhan pasca operasi lasik memang ada faktor dari individu masing-masing. Hal ini bisa dipengaruhi dari kondisi kesehatan pasien, kepatuhan jadwal obat, pemberian obat yang benar dan efektif dan lingkungan.

Berapa lama penyembuhan pasca operasi lasik

Jika Anda masih perlu penjelasan lebih jauh terkait operasi lasik, silakan hubungi di WA 082210488488