SILC LASIK CENTER

Bolehkah Datang ke Klinik LASIK untuk Operasi Sendirian?

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan atau diperhatikan ketika akan menjalani operasi LASIK, misalnya :

  1. Dianjurkan untuk makan secukupnya dan tidak perlu puasa.
  2. Sebaiknya mengajak seseorang untuk menemani anda, agar dapat mengantar dalam perjalanan pulang. Tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan pada hari setelah operasi, sampai dokter mengijinkan.
  3. Jangan memakai parfume, body lotion, body spray, aftershave, minyak rambut dan lain – lain yang beraroma wangi. Dianjurkan mandi dan mencuci rambut.
  4. Jangan memakai makeup sekitar mata seperti eye shadow, mascara dan lain – lain sebelum dan sesudah operasi, sampai diijinkan oleh dokter.
  5. Selama menjalani tindakan operasi, sebaiknya selalu mengikuti instruksi serta kooperatif dengan dokter dan staf.

Nah, kita fokus pada poin no. 2 bahwa sebaiknya mengajak seseorang untuk menemani Anda, agar dapat mengantar dalam perjalanan pulang. Tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan pada hari setelah operasi, sampai dokter mengijinkan. Ini semata-mata agar pasien merasa nyaman dan aman baik dalam posisi berangkat ke klinik LASIK, sampai di Klinik LASIK dan ketika pulang kembali ke rumahnya.

Pengantar bisa siapa saja, yang penting bisa menjaga dan dapat membantu sampai pulang ke rumah. Bisa suami/Istri, ayah/Ibu, kakak, paman/bibi bahkan teman.

Operasi LASIK tergolong sangat cepat penyembuhannya yaitu mata pasien akan bisa melihat SESAAT setelah bangun dari meja operasi. Telah menjadi SOP yang dilakukan ketika selesai operasi pasien diminta membaca jam pada jam dinding di ruang operasi dan hampir semua bisa membacanya. Artinya, sebenarnya pasien sudah aman saja untuk pulang sendiri dan jalan sendiri.

Namun demikian, semua demi keamanan dan kenyamanan pasien. Karena bagaimanapun habis operasi akan ada rasa atau sensasi di mata misal mata mendadak perih, mata berair, mata silau, mata ganjal atau kurang nyaman. Dan ketika membawa mobil sendiri maka akan bisa mencelakakan diri sendiri bahkan orang lain.

Untuk itu perlu ditekankan, ketika akan datang operasi sebaiknya mengajak keluarga atau teman untuk menemani sampai bisa mengantar pulang selesai operasi.

Bahkan, ketika pemeriksaan awal, dalam kondisi tertentu dilakukan pemeriksaan funduskopi dengan mydriatil atau pupil dibuka lebar (dengan diberi obat tetes) maka akan ada jeda penglihatan menjadi buram sekitar 4-6 jam. Disini perlu diperhatikan ketika melakukan pemeriksaan pra-lasik sebaiknya juga ada yang mengantar.

Wilayah Jakarta dan kota besar memang banyak taksi online yang akan bisa mengantar hanya dengan sentuhan jari. Namun waspada atau kehati-hatian perlu juga diperhatikan. Karena ketika ada keluhan mendadak dimata perlu orang dekat yang bisa membantu menanganinya dan juga untuk keamanan pasien.

Demikian, itu kiranya hal yang perlu diperhatikan, sebaiknya datang ke Klinik LASIK ketika akan menjalani operasi sebaiknya ada teman atau pengantar atau tidak boleh sendirian, bahkan ketika melakukan pemeriksaan pra lasik sekalipun.