SILC LASIK CENTER

Cara Mengobati Mata Minus

Agar dapat melihat dengan jelas, penderita mata minus membutuhkan bantuan kacamata atau lensa kontak. Lantas, bagaimana cara mengobati mata minus? Berikut ini penjelasannya.

Pada dasarnya, mata manusia diciptakan untuk berburu, melihat jarak dan aktivitas lain yang berhubungan dengan alam, karena mata manusia mampu mengubah tingkat fokus dengan sangat cepat.

Namun seiring berjalannya waktu, mata manusia dipaksa untuk bekerja lebih banyak di lingkungan yang membuat mata tetap melihat titik yang sama untuk jangka waktu yang lama.

Hal tersebut membuat bola mata jadi kaku, yang pada akhirnya bola mata manusia tidak mampu mengubah kembali daya fokusnya, akibatnya mengalami mata minus.

Cara Mengobati Masalah Mata Minus

Nah untuk mengurangi gangguan penglihatan atau mata minus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Adapun cara mengobati mata minus yaitu sebagai berikut:

1. Mengganti objek pandangan

Jika Anda sering menatap satu objek dalam waktu lama, maka akan membuat otot mata menjadi kaku, oleh karena itu Anda harus mengganti objek yang dilihat.

Misalnya, setelah Anda menatap layar laptop atau komputer, coba alihkan pandangan Anda ke jendela atau ke luar rumah beberapa saat. Hal itu agar mata Anda teralihkan dari cahaya komputer.

2. Menatap objek jauh yang berwarna hijau

Cara berikutnya, coba melihat objek jauh atau objek berwarna hijau. Misalnya, melihat pemandangan alam atau gunung. Warna hijau dipercaya mampu memberikan efek positif pada mata.

Jika pergi ke gunung tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu, Anda bisa mengatasinya dengan menatap objek yang jaraknya cukup jauh guna mengistirahatkan otot mata.

3. Latih mata dengan melihat benda bergerak

Cara untuk mengurangi mata minus selanjutnya yaitu bisa dengan melihat kendaraan yang melintas di jalan raya. Namun, jika ini kurang nyaman dilakukan, Anda bisa mengganti dengan cara lainnya.

Adapun cara lainnyanya yaitu dengan menggunakan bola berukuran kecil yang dililit benang, lalu ayunkan bola. Tatap bola tersebut dari jarak yang tak terlalu dekat dengan mata Anda.

4. Operasi Lasik

Operasi Lasik sangat efektif untuk membuat mata Anda bisa kembali melihat dengan normal, bahkan tanpa bantuan lensa kontak atau kacamata. Prosedurnya terbilang cepat dan minim efek samping.

Operasi Lasik bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin sembuh dari masalah penglihatan. Anda bisa melakukan prosedur ini di Silc Lasik Center Jakarta Pusat.

Silc Lasik Center didukung oleh dokter ahli bedah Lasik profesional dan berpengalaman. Harga operasi Lasik di sini juga terbilang terjangkau yakni mulai dari Rp 11 juta-an.