Cemas Setelah Operasi LASIK. Kenapa?

Pasca Lasik Mata

Kebanyakan orang akan merasa takut ketika akan menjalani operasi, tak terkecuali operasi LASIK (Laser Assisted In Situ Keratomileusis). Meskipun, LASIK disebut sebagai operasi yang aman dan efektif, dengan rasa sakit sangat minimal, atau bahkan tidak ada, tetap saja orang merasa khawatir dan takut. Dan, perasaan ini merupakan hal yang wajar saja. Sebab, istilah operasi atau tindakan bedah identik dengan bius, rasa sakit, pisau bedah, dan pendarahan.

Sebaliknya, sebagian orang akan merasa lega, jika sudah berhasil melewati proses operasi LASIK. Tapi, rupanya, sebagian orang justru merasa cemas. Kenapa bisa begitu? Apa yang membuat mereka cemas?

Cemas sebelum LASIK

Tak sedikit orang yang mengalami kecemasan sebelum menjalani operasi, termasuk saat akan menjalani operasi yang melibatkan mata dengan penggunaan laser seperti LASIK. Kecemasan ini merupakan respons alami tubuh. Alasan kecemasan itu antara lain:

1. Ketidaktahuan

Anda mungkin khawatir tentang apa yang akan terjadi selama prosedur, bagaimana pengalaman di ruang operasi, rasa sakit yang mungkin dirasakan, potensi kegagalan operasi, atau risiko komplikasi.

2. Biaya yang signifikan

Operasi LASIK dapat dianggap sebagai tindakan bedah mewah yang memerlukan investasi finansial yang cukup besar. Hal ini bisa memicu kecemasan terkait dampak keuangan di masa depan.

3. Soal pengalaman dokter

Anda mungkin cemas mengenai pengalaman dan reputasi dokter yang akan melakukan operasi LASIK. Anda ingin memastikan bahwa Anda berada di bawah perawatan seorang profesional yang kompeten.

4. Informasi yang salah

Informasi yang tidak akurat atau menyesatkan tentang LASIK, baik dari internet atau sumber lain, dapat menyebabkan kekhawatiran berlebihan yang tidak perlu.

5. Efek jangka panjang

Beberapa orang mungkin merasa cemas tentang dampak jangka panjang dari LASIK pada penglihatan mereka dan apakah akan ada kebutuhan untuk prosedur tambahan di masa depan.

6. Ketakutan akan prosedur bedah

Proses operasi LASIK melibatkan beberapa tahap yang mungkin membuat beberapa orang merasa cemas. Meskipun operasi ini relatif singkat dan umumnya tidak menyakitkan, ketakutan akan prosedur bedah bisa menjadi faktor yang memicu kecemasan.

Baca Juga :LASIK di Luar Negeri atau di Indonesia, Ya?

Cara atasi rasa cemas sebelum LASIK

Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi rasa cemas yang muncul sebelum LASIK. Di antaranya:

1. Gali informasi

Bayangkan Anda berencana untuk melakukan perjalanan ke suatu kota yang asing, terutama ketika Anda tidak memiliki kenalan di kota tersebut dan jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal Anda. Pada awalnya, mungkin Anda akan merasa cemas mengenai berbagai hal yang tidak Anda ketahui, seperti keamanan di kota tersebut, ketakutan tersesat, kekhawatiran akan keselamatan diri, dan pertanyaan tentang siapa yang dapat memberikan bantuan jika terjadi sesuatu. Karena itu, gali informasi sebanyak-banyaknya tentang LASIK dari sumber yang bisa dipercaya.

2. PIlih klinik ternama

Kini terdapat beragam pilihan rumah sakit dan klinik mata yang menawarkan layanan LASIK dengan janji-janji menarik. Namun, bagaimana Anda dapat memastikan bahwa klinik mata tersebut adalah tempat yang dapat diandalkan dan dipercayai? Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan saat menilai sebuah klinik mata, seperti penggunaan teknologi, fasilitas dan layanan, serta tim dokter berpengalaman,

3. Cari dokter dengan rekam jejak yang baik

Walaupun sebuah klinik sudah mengadopsi teknologi mesin yang sangat canggih, peran dokter tetap sangat krusial. Mereka berperan sebagai sutradara utama dalam prosedur operasi mata yang memanfaatkan teknologi ini. Sebagaimana seorang pembalap yang menguasai mobil balap tingkat tinggi, hasil operasi masih sangat bergantung pada keterampilan dokter yang mengoperasikan perangkat seperti mesin laser. Bahkan dengan peralatan mesin yang paling canggih, operasi LASIK masih memerlukan kehadiran seorang dokter yang kompeten.

4. Pelajari ulasan

Dengan semakin meluasnya penggunaan internet, orang semakin memiliki lebih banyak kebebasan untuk memberikan ulasan dan testimoni terkait layanan atau produk yang baru mereka beli. Mereka juga tidak ragu untuk memberikan ulasan yang kurang positif, jika mereka merasa tidak puas. Karena itu, Anda perlu mengamati dan mempertimbangkan ulasan dan testimoni yang jujur.

Baca Juga :Tidak Ada Kata Terlambat Untuk LASIK

Cemas setelah LASIK

Usai menjalani operasi LASIK dengan sukses, nyatanya banyak orang yang juga merasa cemas. Kenapa demikian?

1. Ketidakpastian hasil

Operasi LASIK dimaksudkan untuk mengoreksi masalah penglihatan yang terjadi akibat kelainan refraksi mata, yaitu rabun jauh (miopia atau mata minus), rabun dekat (hipermetropia atau mata plus), atau astigmatisma (mata silinder). Namun, hasilnya tidak selalu dapat diprediksi sepenuhnya. Beberapa orang mungkin khawatir tentang apakah operasi LASIK yang mereka jalani akan berhasil mengembalikan atau meningkatkan penglihatan mereka.

2. Risiko komplikasi

Meskipun komplikasi serius jarang terjadi, ada kemungkinan risiko yang terkait dengan operasi LASIK, termasuk mata kering, perubahan penglihatan, atau infeksi. Orang yang merasa cemas kemungkinan besar khawatir mengalami komplikasi tersebut.

3. Kerepotan perawatan pasca operasi

Pasca operasi LASIK, ada beberapa petunjuk atau instruksi dari dokter mata yang harus diikuti untuk memastikan kesembuhan yang optimal. Misalnya, penggunaan tetes mata sesuai dosis dan anjuran, pembatasan aktivitas fisik, dan menjauhi sinar ultraviolet. Karena banyak hal yang harus dipatuhi, dan juga dihindari, Anda mungkin takut ada langkah yang terlupa atau tidak melakukannya dengan tepat, sehingga khawatir mengganggu proses penyembuhan.

4. Rasa tidak nyaman pasca operasi

Meskipun setelah operasi LASIK rasa sakit yang Anda rasakan biasanya tergolong ringan, beberapa orang masih merasa cemas tentang kemungkinan rasa tidak nyaman atau iritasi pada mata mereka. Mereka khawatir, rasa tidak nyaman ini berlangsung lama sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Efek samping

Operasi LASIK dapat memiliki efek samping, seperti cahaya silau, hambatan penglihatan di malam hari, atau perasaan seperti ada benda asing di mata. Beberapa orang mungkin cemas tentang efek samping tersebut dan bagaimana hal itu dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup mereka. Mereka juga cemas tentang sejauh mana rasa sakit yang akan dirasakan, jika kekuatan bius berangsur-angsur mulai menghilang.

Cara atasi rasa cemas setelah LASIK

Mengatasi rasa cemas setelah operasi LASIK merupakan langkah penting untuk memastikan pemulihan yang lancar dan hasil yang optimal. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi rasa cemas:

1. Ikuti instruksi dokter

Pastikan Anda mematuhi semua instruksi dan panduan yang diberikan oleh dokter mata Anda. Panduan yang dimaksud biasanya termasuk cara penggunaan tetes mata, pembatasan aktivitas tertentu, dan perawatan mata pasca operasi. Mematuhi instruksi ini akan membantu meminimalkan risiko komplikasi dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Istirahat yang cukup

Setelah operasi LASIK, Anda perlu memberikan waktu istirahat yang cukup pada mata Anda. Hindari aktivitas yang berat dan berlebihan, terutama selama beberapa hari pertama setelah operasi.

Cobalah tidur siang atau istirahatkan mata, begitu Anda sampai di rumah setelah menjalani LASIK. Efek dari obat anti cemas akan membantu Anda merasa lelah. Memejamkan mata akan membantu mata terasa lebih nyaman.

3. Gunakan obat-obatan sesuai petunjuk

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat tetes mata atau obat penghilang rasa sakit ringan untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan membantu proses penyembuhan. Pastikan Anda menggunakan obat-obatan tersebut sesuai dengan petunjuk dokter.

Jika Anda diberi obat pereda rasa sakit atau rasa nyeri, minumlah obat tersebut sebelum efek bius memudar. Untuk mencegah rasa sakit, tanyakan kepada dokter apakah Anda boleh terus minum obat tersebut, jika muncul rasa sakit.

4. Lindungi mata dari cahaya terang

Setelah operasi LASIK, mata Anda mungkin akan lebih sensitif terhadap cahaya terang. Pakailah kacamata hitam atau pelindung mata saat berada di bawah sinar matahari terik atau cahaya yang terang. Selain itu, pakailah pelindung mata saat tidur atau beraktivitas, agar Anda tidak menyentuh atau mengusap mata Anda secara tidak sengaja.

5. Jaga mata tetap lembap

Mata kering merupakan efek samping yang umum terjadi pasca operasi LASIK. Gunakan tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter Anda untuk menjaga mata tetap lembap. Hindari penggunaan tetes mata yang dijual bebas di toko obat tanpa persetujuan dokter.

6. Pantau gejala dan komplikasi

Jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa atau tanda-tanda komplikasi, seperti rasa nyeri yang semakin parah, bengkak, perubahan penglihatan yang drastis, atau tanda-tanda infeksi, segera hubungi dokter mata Anda.

7. Beri waktu untuk pulih

Memang benar bahwa pasien akan mengalami rasa tidak nyaman ketika efek anestesi tetes mulai menghilang. Rasa tidak nyaman ini akan berlangsung kurang lebih selama beberapa jam. Namun, pemulihan total setelah operasi LASIK memerlukan waktu, dan beberapa gejala seperti penglihatan kabur atau rasa tidak nyaman yang ringan adalah hal yang wajar. Bersabarlah dan beri waktu mata Anda untuk pulih sepenuhnya.

8. Bicarakan kekhawatiran Anda

Jika Anda merasa cemas atau stres pasca operasi LASIK, berbicaralah dengan dokter mata atau seorang profesional kesehatan mental. Mereka dapat memberikan dukungan dan informasi lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda harapkan selama pemulihan.

Jangan lupa bahwa operasi LASIK umumnya memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan banyak orang melaporkan perbaikan signifikan dalam penglihatan mereka setelah operasi. Dengan perawatan yang baik dan dukungan yang tepat, Anda dapat mengatasi kecemasan pasca operasi dan merasa lebih percaya diri dengan hasil LASIK Anda.

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar orang yang menjalani operasi LASIK berhasil mengatasi kecemasan awal mereka dan menikmati hasil yang positif. Konsultasi yang baik dengan dokter mata dan pemahaman yang baik tentang prosedur serta ekspektasi yang realistis dapat membantu mengurangi kecemasan sebelum dan setelah operasi LASIK.

SILC Lasik Center adalah sebuah klinik mata ternama yang mengkhususkan diri dalam prosedur koreksi penglihatan dengan teknologi laser. Klinik ini memiliki sejumlah dokter bedah berpengalaman yang memiliki keterampilan tingkat tinggi. Keahlian dokter-dokter di SILC didukung oleh peralatan mesin berteknologi mutakhir yang dirancang untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pasien.