SILC LASIK CENTER

Operasi Lasik

Efek Samping Operasi LASIK yang juga perlu diketahui oleh semua masyarakat luas khususnya yang akan menjalani operasi LASIK bisa kita sampaikan dalam tulisan ini.

Semua tindakan atau operasi tak terkecuali operasi LASIK ada yang namanya risiko. Risiko ketika proses Operasi LASIK ataupun risiko atau efek samping pasca / setelah operasi LASIK. Hal ini perlu diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan agar segala sesuatunya bisa dipersiapkan.

Risiko Operasi LASIK

Risiko ini juga harus dikelola dengan baik, artinya sedapat mungkin di minimalisir atau dihindari atau dihilangkan baik dari sisi pasien, sisi dokter maupun dari sisi fasilitas pelayanan kesehatan atau Rumah Sakit/Klinik.

Efek Samping Operasi LASIK

Dalam kesempatan ini kami akan bahas efek samping pasca Operasi LASIK. Efek samping ini sifatnya individual artinya tidak terjadi di setiap pasien, namun kemungkinan bisa terjadi pada pasien tertentu. Mengingat kondisi mata juga kesehatan pasien secara umum berbeda-beda. Efek samping pasca Operasi dimaksud antara lain :

  • Overcorrection atau undercorrection
    Artinya ada kemungkinan setelah operasi LASIK kelebihan hasilnya; misalnya awalnya S-3.00 D setelah di lasik muncul S + 0.25 D.
    Dan juga mungkin bisa jadi kurang koreksinya; misalnya awalnya S-3.00 setelah di lasik masih ada S-0.25
    Jika ternyata ukuran sisanya atau lebihnya mencapai 1.00 D lebih dan tebal kornea cukup serta kondisi mata baik maka kemungkinan bisa di LASIK ulang.
    Di SILC LASIK CENTER menjamin kondisi ini sampai 1 tahun. (sampai dengan artikel ditulis)
  • Mata kering
    Ini terjadi dengan sifat sementara, karena ada manipulasi di kornea yang mengakibatkan terganggunya saraf mata yang menstimulus produksi air mata.
    Rasa kurang nyaman dan gatal atau ada sensasi benda asing.. itu semua karena kornea terasa kering.
    Dengan seiring waktu maka keluhan ini akan hilang.
  • Glare, Halo
    Glare atau silau atau sejenisnya kemungkinan terjadi dalam beberapa penyebab dan ini terutama terjadi pada malam hari, ketika cahaya luar kurang. Faktor penyebabnya diantaranya adalah pupil saat kondisi cahaya kurang menjadi besar/lebar sementara daerah yang dioperasi LASIK lebih kecil dengan pertimbangan ukuran dan tebal kornea saat operasi.  Sedangkan Halo atau ada pendaran cahaya di luar sumber cahaya, ketika kita melihat lampu.
    Hal ini biasanya juga akan disampaikan oleh dokter ketika proses pemeriksaan awal / konsultasi dengan dokter ahli LASIK
  • Komplikasi
    Komplikasi ini sangat jarang terjadi. Secara prosedur sudah dipertimbangkan ketika melihat hasil pemeriksaan. Sehingga dokter sudah mengantisipasinya. Walaupun bisa saja terjadi.
  • Masalah flap
    Ini bisa saja terjadi ketika operasi, dengan faktor tertentu ada masalah dengan flap. Namun saat ini pembuatan flap dengan Femtosecond Laser sudah sangat mengurangi berbagai komplikasi atas flap dibanding dengan mesin mikrokeratome
  • Regresi
    Kejadian ini sangat jarang, yaitu adanya penglihatan berkurang dari waktu ke waktu dan pada akhirnya memerlukan koreksi yang besar atau hampir sama dengan sebelumnya.

Summary

Demikian perihal efek samping yang mungkin bisa terjadi pada pasien pasca operasi LASIK. Pastikan Anda sudah menjalani semua proses pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter mata ahli LASIK kami, agar bisa saran tindakan yang tepat sehingga bisa terhindar dari efek samping tersebut.

Info lebih lanjut bisa menghubungi WA 082210488488