SILC LASIK CENTER

Ini Dia Tentang Operasi Lasik Serta Manfaatnya

Banyak orang berpendapat bahwa operasi LASIK adalah solusi permanen untuk bebas dari alat bantu baca. Lasik atau singkatan dari Laser-Assisted in Situ Keratomileusis adalah operasi dengan laser guna memperbaiki kelainan refraksi pada mata seperti mata minus (Rabun jauh), mata plus (Rabun dekat) atau silinder.

Sejak tahun 1980 LASIK sudah mulai dikembangkan, kemudian ditetapkan pertama kali pada tahun 1985 dan dipraktikkan di Amerika Serikat sejak awal 1990. Operasi LASIK ini masuk pada Indonesia tahun 1997.

Manfaat Operasi Lasik            

Menurut World Health Organization (WHO) di tahun 2010 ada sekitar 285 juta orang yang mengalami gangguan penglihatan di seluruh dunia. Angka tersebut jika dipersentasekan mencapai 4,24% dari total populasi dunia. Tak hanya itu, jumlah tersebut terus bertambah seiring bertambahnya populasi di dunia.

Macam-macam gangguan pada mata yang bisa di bantu oleh LASIK:

  1. Miopia atau rabun jauh

Biasanya penderita gejala tersebut memakai kacamata minus untuk membantu melihat objek jarah jauh secara jelas.

  1. Hipermetropia atau rabun dekat

Merupakan kebalikan dari gejala di atas, hipermetropia atau rabun dekat biasanya tidak dapat melihat objek dekat secara jelas. Sehingga harus di bantu dengan kacamata plus.

  1. Astigmatisma atau mata silinder

Selanjutnya adalah kelainan pembiasan pada mata, di mana mata susah memfokuskan pada cahaya, sehingga objek yang ia lihat terdistorsi.

  1. Presbiopia atau rabun tua

Kelainan terakhir bisa di katakan normal karena terjadi dalam proses penuaan, di mana kemampuan mata untuk fokus pada objek dekat menjadi menurun seiring bertambahnya usia.

Sedangkan manfaat LASIK sendiri adalah untuk membantu memperbaiki semua gangguan pada mata di atas. LASIK dapat membantu menghilangkan ketergantungan pada alat bantu lihat seperti kacamata dan lensa kontak pada penderita gangguan mata tersebut.

Namun, tingkat keberhasilan LASIK tergantung pada kondisi medis masing-masing orang. Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan apakah bisa melakukan operasi LASIK atau tidak. Selain itu, dari pemeriksaan ini Anda bisa tahu memiliki tingkat kesembuhan total atau hanya bisa mengurangi ukuran kacamata.

Nah, itu dia sedikit tentang operasi LASIK yang harus Anda tahu. Semoga membantu!