SILC LASIK CENTER

Mata Silinder Mau LASIK, Bisakah?. Ketika mendengar mata silinder… terkesan kondisi mata parah. Padahal bukan begitu. Ingin tahu lebih jauh mengenai mata silinder dan apakah Mata Silinder Mau LASIK, Bisakah?. Simak pembahasan di bawah ini.

Mata Silinder Mau LASIK, Bisakah?

Mata Silinder

Secara pengertian mata silinder atau yang dikenal dengan astigmatisma atau astigmatisme adalah salah bentuk kelainan refraksi di mana sinar-sinar sejajar yang masuk mata dibiaskan tidak pada satu titik melainkan pada bidang titik yang saling tegak lurus pada kondisi tanpa akomodasi.

Berbeda dengan kelainan refraksi yang paling umum yaitu myopia atau mata minus, merupakan kelainan refraksi di mana sinar – sinar sejajar yang masuk mata dibiaskan di depan retina tanpa akomodasi. Ini masih dalam batas satu titik, namun tidak tepat di retina, sehingga penglihatannya menjadi kabur.

Penyebab Mata Silinder

Paling umum penyebab adanya kelainan refraksi astigmatisma atau mata silinder adalah kondisi kelengkungan kornea pada meredian yang saling tegak lurus mempunya kekuatan/kelengkungan yang berbeda. Kelengkungan yang tinggi membiaskan sinar lebih tajam atau lebih kuat sedangkan kelengkungan yang rendah membiaskan sinar lebih lemah. Karena ada yang kuat dan ada yang lemah sehingga sinar berfokus menjadi garis fokus.

Kemungkinan jatuhnya sinar ada 5 posisi:

  1. Satu di retina dan satu lagi di depan retina
  2. Satu tepat di retina dan satu lagi di belakang retina
  3. Dua fokus jatuh di depan retina tapi tidak jadi satu
  4. Dua fokus jatuh di belakang retina tapi tidak jadi satu
  5. satu jatuh di depan retina dan satu lagi jatuh di belakang retina

Nah, jika Anda ada kelainan refraksi astigmatisma, maka termasuk yang mana?

Gejala Mata Silinder

Secara umum, gejala orang dengan kelainan refraksi astigmatisma atau mata silinder adalah :

  • Pandangan samar atau tidak fokus.
  • Pandangan kabur, terutama saat malam hari.
  • Distorsi penglihatan, melihat garis lurus tampak miring.
  • Sakit kepala atau pusing.
  • Mata tegang dan mudah lelah.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Sering menyipitkan mata ketika melihat suatu objek.

Mata Silinder Mau LASIK

Kelainan refraksi astigmatisma atau mata silinder bisa diberikan tatalaksana antara lain:

  1. Kacamata
  2. Lensa kontak
  3. Bedah refraktif yaitu LASIK

Nah, LASIK adalah tindakan bedah refraktif dengan menggunakan mesin laser yang canggih untuk menghilangkan kelainan refraksi seperti mata minus, mata plus dan mata silinder bahkan kondisi mata presbyopia (mata tua).

Dengan demikian, mata silinder bisa di LASIK, tentunya setelah melalui pemeriksaan pendahuluan atau pra LASIK dan konsultasi dengan ahli bedah LASIK. Untuk mata silinder bisa sampai dengan C-5.00 D. Jika kombinasi dengan ukuran  minus atau plus maka mulai C-0.25 akan otomatis ikut di operasi sekaligus.

Anda bisa berkonsultasi dengan SILC LASIK CENTER untuk mendapatkan penjelasan lebih detail terkait mata silinder yang ingin di LASIK dengan menghubungi WA 082210488488.