SILC LASIK CENTER

LASIK adalah operasi/bedah refraktif dengan menggunakan mesin laser untuk menghilangkan kelainan refraksi seperti mata minus (myopia), mata plus (hypermetropia), mata silinder/silindris (astigmatisma) dan bahkan jika ada kombinasi dengan mata tua (presbyopia).

Kriteria Calon Pasien LASIK

  1. Ukuran refraksi sudah stabil 1 tahun terakhir
  2. Umur minimal 18 tahun
  3. Kondisi kesehatan umum baik
  4. Tidak ada penyakit pada mata
  5. Tidak sedang hamil atau menyusui
  6. Syarat lain sesuai dengan ukuran dan batasan ukuran yang bisa diterima oleh mesin LASIK

Operasi LASIK Satu Mata

Operasi LASIK hanya Satu Mata, Bisakah?Ketika seseorang mengalami gangguan penglihatan, berupa tajam penglihatan menurun maka setelah dilakukan pemeriksaan akan didapat ukuran kacamatanya. Gangguan penglihatan ini tidak selalu pada kedua matanya. Bisa jadi hanya sebelah mata saja yang mengalami gangguan. Bisa kanan saja atau kiri saja dan tentu bisa juga keduanya.

Jika memang kondisi gangguan penglihatannya hanya pada satu mata saja dan hasil refraksinya menunjukkan satu mata saja, maka operasi LASIK juga dilakukan pada satu mata saja. Namun jika kelainan refraksinya pada kedua mata maka operasi LASIK bisa dilakukan kedua mata sekaligus ataupun bisa satu mata terlebih dahulu.

Dampak jika Operasi LASIK Satu Mata Bergantian

Alaminya, kita melihat dengan kedua mata sekaligus. Walaupun ketika mata kita ditutup bergantian, serasa melihat obyek adalah oleh masing-masing mata dan seolah ada dua obyek pada satu obyek yang sama. Namun ketika kedua mata melihat obyeknya adalah satu. Penglihatan dua mata menjadi satu ini dinamakan penglihatan binokuler yang satu (Binokuler Single Vision). Lalu bagaimana jika operasi LASIK satu – satu. Secara teknis tidak masalah, namun dalam kondisi tertentu, maka penglihatan akan kurang nyaman. Satu mata merasa jelas pasca LASIK sedang mata satunya masih buram. Apalagi jika ukurannya besar, maka akan tidak nyaman sama sekali. Kacamata-pun tidak bisa membantu, karena akan muncul double ketika ukuran beda jauh antara kanan dan kiri.

Yang namanya operasi tentu secara psikis akan merasa takut, gelisah, stres dan lain sebagainya. Nah, mestinya hal ini hanya terjadi sekali saja, tapi karena harus dua kali operasi untuk kanan dan kiri yang dipisah waktu maka hal itu akan dirasakan dua kali. Tapi perlu diingat, hal ini tidak terjadi pada setiap orang.

Summary

Pada prinsipnya operasi LASIK Satu Mata tidak dilarang atau boleh saja, tentu ada banyak pertimbangan, misal biaya dahulu atau pertimbangan lain. Namun demikian konsultasikan secara matang-matang dengan dokter ahli LASIK Anda sehingga mendapat gambaran yang cukup apa dampak dan untung ruginya jika operasi LASIK sekaligus kedua mata atau dengan satu mata dahulu.

Anda bisa menghubungi kami di WA 082210488488 untuk info proses operasi lebih lanjut.