Belakangan ini, operasi lasik mata jadi salah satu metode yang banyak dipilih para selebriti untuk mengatasi masalah gangguan mata atau mata minus. Nah, berikut ini pembahasan tentang operasi lasik untuk selebriti.

Lasik (Laser Assisted in Situ Keratomileusis) merupakan suatu metode yang digunakan untuk memperbaiki gangguan mata mata minus (miopi), mata plus (hipermetropi), mata tua (presbiopia), dan silinder (astigmatisma).

Prosedur lasik mata ini bertujuan untuk memperbaiki bentuk permukaan selaput bening pada mata (kornea) sehingga cahaya yang masuk dapat diterima dengan sempurna, dan akan kembali melihat normal.

Nah, untuk para selebriti yang memiliki masalah gangguan mata dan ingin kembali melihat normal tanpa bantuan kaca mata atau lensa kontak, solusinya yaitu bisa dengan melakukan operasi lasik mata.

Operasi Lasik Mata untuk Selebriti

Diketahui, prosedur Lasik awalnya menggunakan pisau atau dikenal juga dengan istilah microkeratome. Prosedur ini berfungsi untuk membuka flap (lapisan kornea). Setelah itu, menggunakan laser untuk kembali membentuk jaringan kornea.

Namun di era yang serba canggih seperti sekarang ini, operasi Lasik sudah menggunakan metode yang lebih modern yang dikenal dengan istilah ‘bladeless Lasik’ atau metode operasi tanpa pisau bedah.

Dengan penggunaan yang lebih modern ini, proses operasi pun akan berlangsung lebih cepat, tanpa jahitan, tidak sakit, dan tidak meninggalkan luka atau bekas jahitan. Selain itu, operasi mata ini juga sangat minim risiko yang membahayakan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalani operasi lasik mata. Dan perlu diketahui juga, tidak semua orang bisa melakukan prosedur lasik.

Umumnya, bisa atau tidaknya melakukan prosedur Lasik ditentukan kondisi mata masing-masing penderita. Oleh karena itu, sebelum melakukan operasi, diperlukan pemeriksaan pra-lasik lengkap dan teliti.

Adapun pengukuran oleh Refraksionis Optisien/Optometris yaitu seperti berikut ini:

1. Pemeriksaan ukuran (kacamata dan matanya)
2. Tekanan bola mata
3. Tebal kornea
4. Kelengkungan korena (topography kornea)
5. Pupil size dan lain sebagainya yang diperlukan oleh mesin untuk Lasik

Setelah melalui tahapan seperti yang sudah disebutkan di atas, berikutnya dilakukan kembali pemeriksaan kornea dan retina yang dilakukan oleh dokter ahli dan profesional.

Pada saat pemeriksaan dan melihat kondisi mata pasien, dokter pun kemudian menentukan apakah pasien dapat melakukan operasi Lasik mata atau tidak. Apakah diperlukan evaluasi menggunakan metode pengobatan khusus atau bisa langsung melakukan operasi.

Nah, demikianlah informasi mengenai operasi lasik untuk selebriti yang perlu diperhatikan, terutama bagi yang ingin memperbaiki masalah mata.