SILC LASIK CENTER

Presbyopia (Mata Tua) Ingin LASIK, Bisakah?

Presbyopia (Mata Tua) Ingin LASIK, Bisakah?. Presbyopia atau dikenal dengan mata tua, memang suatu kondisi yang tidak bisa dielakkan lagi. Karena hal ini berhubungan erat dengan umur atau usia. Umumnya dimulai pada usia 40 tahun ke atas.

Pengertian Presbyopia (Mata Tua).

Presbyopia (Mata Tua) adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan umur/usia yang mana ada kesulitan untuk membaca atau melihat dekat yang sebagai penyebabnya karena kelenturan lensa mata mulai berkurang dan faktor – faktor lainnya. Hal ini biasanya dimulai ketika usia menginjak 40 tahun. Beberapa orang ada yang mendahului dan beberapa orang lainnya ada yang terlambat atau keluhannya datang belakangan.

Gejala Presbyopia

Apa yang dirasakan ketika seseorang sudah mulai menginjak presbyopia?. Gejala paling umum adalah ketika membaca dekat, yang biasanya tulisan terlihat jelas maka sekarang mulai berkurang. Tulisan sudah mulai kabur atau tipis atau hampir berpendar. Dan ketika jarak baca dijauhkan maka tulisan menjadi lebih jelas. Kemudian dari sini kepala juga suka pusing atau sakit kepala dan mata menjadi lelah.

Koreksi Presbyopia

Mengoreksi Presbyopia bisa dengan banyak cara dan ini juga tergantung dengan kondisi penglihatan jauh dari seseorang tersebut. Maka ada beberapa kemungkinan kondisi mata seorang presbyopia, diantaranya:

  • Myopia presbyopia, kondisi mata jauhnya ada ukuran minus dan bacanya perlu plus
  • Hypermetropia presbyopia, kondisi mata jauhnya ada ukuran plus dan bacanya masih perlu tambahan plus lagi
  • Astigmatisma Presbyopia, kondisi mata jauhnya ada ukuran silinder dan bacanya perlu plus
  • Myopia Astigmat Presbyopia, kondisi mata jauhnya perlu kombinasi ukuran minus dan silinder dan bacanya perlu plus
  • Hypermetropia Astigmat Presbyopia, kondisi mata jauhnya perlu kombinasi ukuran plus dan silinder dan bacanya perlu plus lagi
  • Plano Presbyopia, kondisi mata jauhnya normal namun untuk baca perlu plus.

Nah, Anda kira – kira pada posisi yang mana? Untuk penanganannya bisa dengan kacamata, lensa kontak dan operasi bedah refraktif.

Untuk Operasi bedah refraktif salah satunya adalah operasi LASIK. Yaa, jadi LASIK bisa menjadi opsi atau pilihan dengan memastikan kondisi tertentu dari berbagai macam kondisi di atas.

Presbyopia (Mata Tua) Ingin LASIK, Bisakah?

Setelah menjalani pemeriksaan pendahuluan atau pra LASIK kemudian kita menentukan apakah syarat – syarat untuk tindakan LASIK pada presbyopia.

Pilihan operasi LASIK pada presbyopia :

  1. Monovision LASIK, prosedur ini memungkinkan satu mata yang dominan untuk koreksi jauh secara penuh dan satu mata non dominan untuk penglihatan dekat dengan cara koreksi diberikan tidak penuh atau masih ada sisa dan ini masih cocok untuk penderita yang ada unsur myopia-nya.
  2. PresbyMax-Hybrid, prosedur ini memungkinkan tindakan membuat mata menjadi multi fokus pada permukaan korneanya. PresbyMax ini termasuk profile presbylasik central, yang mana bagian tengah ditujukan untuk penglihatan dekat sedangkan bagian tepinya untuk penglihatan jarak jauhnya. Ada beberapa indikasi atau syarat suksesnya operasi LASIK PresbyMAX-Hybrid ini, dengan melihat hasil pemeriksaan pra Lasik, hoby, pekerjaan dan sebagainya yang semuanya akan menjadi pertimbangan untuk menjalani operasi PresbyMax ini.

Jika Anda saat ini termasuk dalam kondisi presbyopia seperti yang diuraikan di atas, segera bebaskan kesulitan membaca Anda dengan segera hubungi kami di WA  082210488488 untuk informasi lebih detailnya.