SILC LASIK CENTER

Saya Pemakai Lensa Kontak, Kapan bisa LASIK?. Sebagian dari kita dalam penatalaksanaan kelainan refraksi semisal mata minus, mata silinder dan mata plus dengan menggunakan lensa kontak. Berbagai informasi tentang keuntungan dan kerugian memakai lensa kontak juga sudah banyak dijumpai. Nah, kali ini pemakai lensa kontak yang berniat akan menjalani LASIK. Apa yang seharusnya dilakukan untuk persiapan operasi LASIK ketika saat ini memakai lensa kontak?

Berhentilah menggunakan lensa kontak ketika akan LASIK

Mempersiapkan untuk operasi LASIK bisa sangat menjadi tantangan khusus bagi pemakai lensa kontak sebelumnya. Anda akan diminta untuk tidak memakai lensa kontak sebelum operasi LASIK. Berapa lama Anda harus lepas atau tanpa memakai lensa kontak tergantung pada materi atau bahan lensa kontaknya. Untuk lensa kontak lunak (softlens), Anda harus lepas dan tidak memakai lensa kontak Anda selama minimal 2 minggu menjelang pemeriksaan dan terutama ketika mau operasi LASIK. Jika Anda memakai lensa kontak keras (hard lens atau RGP) maka diperlukan waktu lebih lama untuk lepas darinya yaitu 1 bulan.

Banyak orang bertanya, mengapa Anda harus berhenti memakai lensa kontak sebelum LASIK? Itu pertanyaan yang wajar! Lensa kontak dapat mendistorsi bentuk permukaan depan mata Anda, kornea, dan pengukuran kornea sangat penting dalam perhitungan LASIK. Tanyakan berapa lama untuk berhenti memakai lensa kontak sebelum LASIK saat konsultasi awal Anda.

Dalam hal pemeriksaan awal, sebenarnya masih bisa dilakukan pemeriksaan pra LASIK beberapa menit misal 30 menit setelah lepas dari lensa kontak, namun data ukuran yang didapat tidak dapat dipakai secara mutlak. Jadi nanti harus melakukan pemeriksaan ulang kembali secara lengkap.

Saya Pemakai Lensa Kontak, Kapan bisa LASIK?

Mengapa Anda Harus Berhenti Memakai Lensa Kontak Sebelum LASIK?

Bisakah Anda memakai lensa kontak sebelum operasi mata LASIK? Jawaban singkatnya adalah tidak. Setelah Anda berkonsultasi, sebaiknya Anda menghindari untuk memakai lensa kontak sebelum pemeriksaan pra LASIK dan saat akan operasi. Ini akan memungkinkan kornea Anda kembali ke bentuk aslinya. Lensa kontak juga menyimpan bakteri, terlepas dari seberapa baik Anda merawatnya. Bakteri itu berpotensi meningkatkan risiko infeksi, jadi ada alasan lain untuk menghindari memakai lensa kontak sebelum LASIK.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bisakah saya memakai lensa kontak setelah operasi mata laser/LASIK? Pada periode pasca operasi, jawabannya umumnya tidak. Mereka mengering dan dapat menampung bakteri yang dapat mengganggu penyembuhan. Setelah Anda semua sembuh, harapannya adalah Anda tidak akan membutuhkannya. Jika ya, biasanya Anda bisa memakainya tanpa masalah. Anda akan membutuhkan resep baru, karena kondisi kornea sudah berbeda dibanding sebelum LASIK.

Apakah Anda saat ini sedang memakai lensa kontak dan ingin menjalani operasi LASIK? Silakan hubungi di WA 082210488488