SEKILAS TENTANG PENDIRI SILC LASIK CENTER

Dokter Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang bedah refraktif, khususnya operasi Laser in Situ Keratomileusis (LASIK) di Indonesia. Ia menyelesaikan pendidikan Spesialis Mata di Universitas Indonesia tahun 2004 dan memperdalam bidang glaukoma dengan mengikuti fellowship di Universitas Indonesia tahun 2004. Ia kemudian lanjut memperdalam bedah refraktif, khususnya operasi LASIK, melalui kursus intensif di India tahun 2006 di bawah bimbingan langsung dr. Rupal Shah yang merupakan salah satu ahli bedah refraktif terkemuka di dunia. Dokter Rupal Shah adalah salah satu perintis tekhnik LASIK dan dalam 12 tahun terakhir juga berperan aktif dalam pengembangan prosedur Lenticule extraction dari Zeiss untuk operasi bedah refraktif.

dr. Sophia Pujiastuti SpM(K), MM saat kursus intensif dengan dokter Rupal Shah di New Vision Laser Center di Vadodara, India tahun 2006, dan saat menghadiri Seminar Bedah Refraktif yang diselenggarakan oleh Zeiss di Jakarta tahun 2020.

Keterangan foto: dr. Sophia Pujiastuti SpM(K), MM saat kursus intensif dengan dokter Rupal Shah di New Vision Laser Center di Vadodara, India tahun 2006, dan saat menghadiri Seminar Bedah Refraktif yang diselenggarakan oleh Zeiss di Jakarta tahun 2020.

Pertemuan kembali dengan dr. Rupal Shah tahun 2020 merupakan momen indah tak terlupakan karena mengingatkan kembali hubungan erat mereka, baik sebagai mentor-murid maupun sebagai kolega di dunia LASIK. Dokter Rupal Shah dikenal sangat berdedikasi tinggi kepada murid-muridnya, baik dalam mengajarkan tekhnik operasi LASIK maupun dalam menerangkan hal-hal yang perlu diketahui pasien, seperti saat pemeriksaan awal sebelum pasien memutuskan untuk operasi LASIK dan sebelum pelaksanaan operasi itu sendiri. Ilmu yang dr. Sophia Pujiastuti SpM(K), MM dapatkan dari dr. Rupal Shah dan pengalamannya sendiri di bidang LASIK merupakan bekal tak ternilai yang kini dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K),  MM terus ajarkan kepada rekan-rekan sejawat dokter mata di Indonesia yang belajar operasi LASIK di SILC Lasik Center sejak SILC Lasik Center berdiri tahun 2017.

Selama periode tahun 2006-2015, dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM bekerja di salah satu klinik LASIK di Jakarta. Operasi LASIK yang dilakukannya saat itu yaitu LASIK dengan Mikrokeratom (mesin excimer laser MEL 80 dari Zeiss dan Mikrokeratom Amadeus II dari AMO) serta LASIK dengan Femtosecond Laser (mesin excimer laser MEL 80 dari Zeiss dan Femtosecond laser LDV Ziemer). Sejak tahun 2006 dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM sering  mempresentasikan temuan atau kasus-kasus bedah menarik dari pengalamannya di klinik LASIK tersebut di acara-acara seminar mata di dalam dan di luar negeri, seperti acara seminar yang diadakan oleh PERDAMI (Persatuan Dokter Mata Indonesia) atau INASCRS (Indonesian Society of Cataract and refractive Surgery).

Pengalaman yang paling berkesan bagi dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM adalah saat menyampaikan presentasi pada Cataract and Optometrists Meeting di Manchester, Inggris tahun 2016 karena ia menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang menyampaikan presentasi di hadapan para dokter mata terkenal lainnya di dunia, juga karena presentasinya dengan topik: “How To Manage Complications of Flap in Z-Lasik Surgery” masuk dalam Journal of Clinical & Experimental Ophthalmology.

dr. Sophia Pujiastuti,SpM(K), MM saat presentasi di Manchester, Inggris tahun 2016 dan presentasinya masuk dalam Journal of Clinical & Experimental Opthalmology

Keterangan foto: dr. Sophia Pujiastuti,SpM(K), MM saat presentasi di Manchester, Inggris tahun 2016 dan presentasinya masuk dalam Journal of Clinical & Experimental Opthalmology.

Dokter Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM juga pernah bekerja sebagai dokter mata sub-bagian glaukoma di RSUP Fatmawati dari Oktober 2005 sampai Mei 2020. Ia juga menjabat sebagai ketua Departemen Mata RSUP Fatmawati periode 2011-2020 sampai saat mengajukan pensiun dini dari RSUP Fatmawati pada Mei 2020. Ia juga sebagai pendidik klinis dan penguji nasional di kepaniteraan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dokter Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM menyelesaikan studi S2 di bidang Magister Management dari Fakultas Ekonomi, Universitas Esa Unggul Jakarta tahun 2017 dengan tesis tentang bisnis plan untuk klinik lasik, yang kemudian ia terapkan di klinik yang didirikannya 2017.

Dengan bekal ilmu dan pengalamannya di bidang bedah refraktif, khususnya operasi LASIK,  pengalaman manajemen sebagai Ketua Departemen Mata selama 9 tahun di RSUP Fatmawati, serta dukungan dari keluarga, dr. Sophia Pujiastuti, SpM(K), MM mendirikan SILC Lasik Center pada 22 April 2017. New Vision for Everyone, 2021.

 

Dibaca 148 kali