SILC LASIK CENTER

TIPS : Bagaimana Cara agar Proses Penyembuhan Pasca LASIK lebih Cepat

Operasi LASIK adalah sebuah prosedur operasi / tindakan bedah refraktf untuk membantu anda melihat dengan jelas. sehingga bisa mempermudah aktivitas sehari – hari tanpa terbebani atau terganggu dengan alat bantu kacamata dan lensa kontak. Operasi ini sangat cepat namun tentunya perlu diperhatikan hal-hal yang tentunya bisa membantu untuk proses penyembuhan pasca LASIK.

Dalam jangka pendek misalnya, anda diharuskan bisa melindungi mata dari berbagai gangguan luar karena baru saja di operasi. Setelah beberapa bulan maka perlidungan terhadap mata sudah mulai longgar.

Secara umum begitu selesai operasi mata masih terasa berair dan penglihatan belum jelas sempurna, namun dalam tahap proses penyembuhan pasca LASIK berangsur-angsur akan membaik.

SEKILAS PROSES LASIK

Sekilas mengenai proses LASIK, yaitu pada awalnya akan dibuat lapisan tipis/flap baik dengan mikrokeratome atau dengan FemtoSecond Laser (ini ada di SILC Lasik Center). Setelah flap terbentuk dan dibuka namun tidak sampai lepas semua, maka dilanjutkan dengan Laser dari excimer untuk menghilangkan kelainan refraksi atau mata minus atau plus atau silindernya. Dan pada tahap akhir flap dikembalikan ke posisi semua.

PASCA LASIK

Selesai operasi, mata akan sedikit berasa seperti berpasir, berair, merah, ganjal dan sejenisnya. Akan diberikan beberapa obat tetes. Obat uni untuk proses penyembuhan yang terdiri dari untuk inflamasi atau anti radang, anti infeksi dan air mata buatan/pelembab mata. Karena umumnya pasien pasca LASIK mengalami mata kering maka obat tetes sebagai pelumas atau pelembab mata ini agak jangka panjang dalam hal pemakaiannya bisa sampai 3-6 bulan.

Mata jangan sampai di gosok, kucek dan sejenisnya. Sebagai pencegahan diberikan kacamata pelindung dan ketika tidur diberikan atau dipasang dengan eye shield atau dop dan saat keluar ruangan sebaiknya menggunakan kacamata hitam atau sunglass.

Pada saat operasi semua alat yang menempel ke mata adalah steril. Diharapkan sudah terlindungi dari adanya infeksi, tetapi dalam proses penyembuhan dan ketika sudah pulang ke rumah dan pergi entah kemana, bisa saja ada bakteri atau kuman yang bisa masuk dan menyebabkan komplikasi. Untuk menghindari hal tersebut maka direkomendasikan untuk menghindari beberapa tempat atau sumber air yang bisa membuat kontaminasi misalnya:

  • Danau
  • Sungai
  • Laut
  • Kolam renang
  • Bak air panas

Anda memang boleh mandi setelah selesai operasi di awal periode 7 hari pertama hanya leher ke bawah dan hindari mata kena air atau bahkan sabun dan bahan kimia lainnya.

Kondisi mata mungkin ada bengkak atau tegang atau sejenisnya pada awal setelah operasi. Untuk itu sebaiknya anda tidak melakukan pekerjaan rutin dahulu dan istirahat akan lebih cepat membantu proses penyembuhan. Termasuk di sini kurangi membaca dan bermain gadget.

Periksa Ulang Pasca LASIK

Anda diharuskan untuk menjalani pemeriksaan ulang pasca LASIK. Umunya ada jadwal harian (1 hari setelah LASIK), 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun pasca operasi LASIK. Pada setiap kunjungan kontrol ulang akan dilakukan pemeriksaan terhadap mata baik dari sisi  tajam penglihatannya. Periksa kondisi kornea baik flapnya atau kondisi kornea secara keseluruhan. Dari hasil periksa itu, nanti ada penambahan obat untuk perawatan atau tidak. Jika ada obat tetes yang diresepkan maka sebaiknya dibeli dan dipakai obatnya sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter ahli lasiknya.

Setelah satu minggu pasca LASIK, secara umum pasien sudah tidak merasa ada keluhan yang berarti. Proses penyembuhan terjadi cepat pada 1 minggu pertama. Namun demikian sebenarnya proses penyembuhan akan tetap berlangsung sampai dengan stabil 1 – 3 bulan.

Menyadari bahwa bagaimanapun kondisi mata adalah sudah pernah operasi. Ada flap yang melekat alami tanpa jahitan, sehingga tetap dihindari trauma mata baik langsung maupun tidak langsung. Jadi tetap perlu menjaga mata agar proses penyembuhan pasca LASIK bisa sempurna.