SILC LASIK CENTER

Tips : Menetes Obat Tetes Mata agar Tidak Terasa Pahit. Mungkin dari Anda sekalian pernah mengalami ketika meneteskan obat tetes mata ke mata Anda ketika sedang sakit mata setelah beberapa saat, di tenggorokan terasa pahit. Mungkin juga keluarga Anda pernah menceritakan akan hal itu. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana menghindarinya agar setelah menetes obat tetes mata, tidak terasa pahit. Dan tentunya bagaimana menetes dengan benar agar obat tetes yang diteteskan efektif dan maksimal khasiat atau fungsi obatnya.

 

 

Kenali Kemasan Obat Tetes

Obat mata atau juga obat lain, secara kemasan akan dijumpai dalam bentuk yang mirip atau hampir sama. Maka ketika membeli obat dengan resep dokter di apotek atau toko obat pastikan dengan membacanya terlebih dahulu. Apakah benar obat yang diberikan oleh apotek atau toko obat itu sesuai yang ditulis di resepnya. Ini bisa saja terjadi karena kesalahan yang sifatnya manusiawi, mengingat kadang kemasannya mirip – mirip.

Di samping itu, kemasan obat mata ada 2 tipe obat tetes mata yaitu :

  1. Minidose
    Kemasan ini diobatnya tidak mengandung bahan pengawet sehingga pemakaian setelah dibuka maksimal untuk 3 hari atau 72 jam. Habis ataupun tidak habis isinya, maka sisanya harus dibuang. Karena tidak mengandung bahan pengawet maka obat tetes dalam kemasan minidose ini lebih tidak perih.
  2. Botol / ED (Eye drop)
    Kemasin obat dalam botol umumnya diberikan bahan pengawet, sehingga bisa tahan lebih lama dari pertama dibuka tutupnya. Pemakain obat bisa sampai 1 bulan. Setelah itu, habis isinya ataupun tidak maka harus dibuang. Karena mengandung bahan pengawet maka obat tetes ini kemungkinan ada perih bagi sebagian orang.

Hal – hal yang harus diperhatikan sebelum menetes obat tetes mata

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan obat tetes ke mata agar hasilnya maksimal :

  1. Cuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun
  2. Periksa ujung penetes dan pastikan semua baik-baik saja, tidak ada pecah, retak atau terkelupas
  3. Pegang tutup botol obat atau simpan di tempat aman dan bersih misalnya di atas tisu
  4. Hindari menyentuh ujung penetes, obat tetes mata dan ujung obat tetes mata harus tetap bersih, juga jangan sampai menyentuh bulu mata ketika meneteskan
  5. Bersihkan cairan berlebih yang ada di wajah dengan tisu
  6. Jika Anda menggunakan lebih dari satu tetes di mata yang sama, tunggu setidaknya 5 menit sebelum menggunakan obat tetes mata berikutnya.
  7. Pasang kembali tutup botol tetes mata dengan rapat.
  8. Jangan menyeka atau membilas ujung botol tetes.
  9. Cucilah tangan Anda dengan air mengalir dan sabun untuk membersihkan sisa obat yang mungkin menempel di tangan
  10. Jangan pernah menggunakan obat tetes mata yang sudah kedaluarsa (Expired) karena obat itu tidak lagi efektif dan bahkan berubah menjadi racun. Umumnya, obat tetes mata tidak boleh digunakan lagi setelah satu bulan sejak dibuka (botol), dan sebagian obat tetes mata lainnya tidak boleh digunakan setelah 3 hari sebagaimana uraian di atas. Baca kembali petunjuk pada obat tetes mata dan tuliskan tanggal kapan Anda membukanya sehingga Anda tahu kapan harus membuangnya.
  11. Selalu meneteskan sesuai dengan saran dokter atau sesuai dengan petunjuk pada kemasan, jangan meneteskan lebih dari yang direkomendasikan.

Tips : Menetes Obat Tetes Mata agar Tidak Terasa Pahit

Berikut adalah cara menetes obat tetes mata yang baik dan benar :

  1. Langkah pertama buka tutup obatTips : Menetes Obat Tetes Mata agar Tidak Terasa Pahit
  2. Jangan ditaruh tutup obat di sembarang tempat tetap di pegang atau ditaruh di tisu dan ujung tetap steril
  3. Kepala sedikit mendongak jika sambil duduk
  4. Buka kelopak mata bagian bawah dan mata melirik ke atas
  5. Kemudian teteskan obat pada bagian kantung mata bawah
  6. Jangan langsung kedip atau tutup mata, biarkan sekitar 3 detik  lalu tutup mata.
  7. Segera tekan bagian pojok mata dekat hidung selama sekitar 1 menit, nah ini yang akan menghilangkan atau mengurangi rasa pahit pada tenggorokan karena obat tetes mata tertahan dan membasahi di mata dan tidak mengalir ke arah hidung dan tenggorokan.

Demikian tips Menetes Obat Tetes Mata agar Tidak Terasa Pahit dan yang lebih penting lagi, obat yang diberikan lebih optimal dan maksimal hasilnya.

Beberapa kasus pengobatan tidak efektif sebagaimana diharapkan bisa jadi karena diagnosisnya kurang tepat, dosisnya kurang tepat atau cara penetesannya kurang tepat. Namun lebih banyak dari yang penetesan kurang tepat, sehingga jumlah dosis yang diharapkan menjadi kurang, apalagi tetesan yang tidak masuk semuanya ke mata.

Silakan hubungi kami di WA 082210488488 jika ada kesulitan dalam penetesan pasca menjalani operasi LASIK.