SILC LASIK CENTER

Vaksinasi Covid-19 - Karyawan SILC LASIK CENTER

Sesuai dengan kebijakan pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia bahwa akan dilaksanakan tahap I vaksinasi Covid – 19 yang dimulai pada tanggal 13 Januari 2021 yang diawali dengan vaksinasi oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, maka selanjutnya diberikan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan dan semua staf yang bekerja di pelayanan kesehatan.

Sebagaimana tujuan dari vaksinasi untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit, dalam hal ini virus Covid-19, namun walaupun tidak 100 % orang yang sudah divaksin tidak akan terjangkit atau terkena virus Covid-19 lagi, paling tidak pasca vaksin tidak akan mengalami gangguan atau keluhan yang berat.

PERSIAPAN PENDATAAN PESERTA VAKSINASI COVID-19

Seluruh jajaran pemerintah yang membawahi bidang kesehatan bergerak cepat dengan dimulai pendataan dan pemutakhiran data seluruh tenaga kesehatan dan staf yang ada di pelayanan kesehatan. Data utama yang diperlukan ada NIK – Nomor Induk Kependudukan (KTP) dan Nomor Handphone untuk sarana komunikasi terutama lewat SMS.

Setelah data masuk maka calon penerima vaksin akan mendapatkan SMS berisi bahwa nama tenaga kesehatan tersebut terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 tahap 1 dan diwajibkan untuk daftar ulang di mobile app atau website Pedulilindungi.id . Beberapa kendala kadang muncul seperti NIK dan No HP tidak sesuai, ini umumnya karena data yang dikirim ada salah.

DAFTAR ULANG PENERIMA VAKSIN COVID-19

Setelah menerima SMS, lalu daftar ulang di website, tentu sebelum itu harus mempunyai akun di pedulilindungi.id. Jika belum punya silahkan klik daftar. Jika sudah punya silahkan login. Akan tersedia isian untuk mendapatkan tiket penerima vaksin. Ikuti langkah-langkahnya seperti tempat pelayanan pemberian vaksin kemudian jadwalnya tanggal berapa dan sesi berapa. Jika semua sudah sesuai dan submit maka akan diterbitkan tiket digital untuk nanti ditunjukkan saat mau divaksin.

PEMBERIAN VAKSIN

Datang ke pelayanan kesehatan yang dipilih sesuai hari dan jadwal yang dipilih, kemudian menerapkan protokol kesehatan jangan lupa seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Diperiksa suhu dan daftar ke petugas loket. SILC LASIK CENTER sebagian besar memilih tempat di Puskesmas Kecamatan Senen, Jl. Danau Toba Blok A No. 1, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Setelah dapat nomor antrian maka menunggu beberapa saat untuk dilakukan vaksin. Petugas alias dokter yang menerima pasien memberi beberapa kuisioner terkait kondisi saat ini atau riwayat kesehatan calon penerima vaksin. Kemudian diukur tekanan darahnya. Jika tinggi maka diminta untuk istirahat 10 – 15 menit lalu di cek tekanan darahnya lagi. Jika masih tinggi maka jadwal vaksin ditunda. Kemudian untuk kondisi normal dilakukan vaksin. DIberikan suntikan vaksin pada lengan kiri.

Selesai diberikan vaksin, penerima vaksin diminta untuk menunggu 30 menit untuk observasi, agar bisa terpantau jika ada suatu keluhan yang dirasakan pasca vaksin. Jika tidak masalah maka bisa minta surat keterangan bahwa sudah dilakukan vaksin dan untuk sertifikatnya bisa di download di www.pedulilindungi.id